Salah Satu Pendiri Nilai NasDem Sudah Jadi Restoran Politik

  • Whatsapp
Mantan ketua umum Partai NasDem Patrice Rio Capella, saat konferensi pers di kawasan Cikini, Jakarta

INDOPOLITIKA.COM –  Patrice Rio Capella yang merupakan salah satu pendiri partai Nasdem menyayangkan langkah komunikasi politik yang dibangun partai NasDem saat ini. Menurutnya, NasDem telah melenceng jauh dari “khittoh” perjuangannya, bahkan sudah menjadi restoran politik.

“Partai NasDem yang awalnya mengusung salam perubahan restorasi Indonesia saat ini sudah benar-benar berubah menjadi restoran politik,” ujar Rio saat konferensi pers di kawasan Cikini, Jakarta, Minggu (10/11).

Bacaan Lainnya

Hal itu diakui Rio, melihat manuver partai NasDem kepada partai-partai lain di kubu oposisi. Ditambah, tidak mengundang Presiden Jokowi saat acara Kongres NasDem.

“Manuver itu jelas melanggar norma dan etika berpolitik yang tidak mencerminkan adab ketimuran tentang sopan santun,” imbuhnya.

“Jika alasannya karena agenda internal, tapi kenapa Anies Baswedan diundang dan diberi porsi bicara? Ingat, Anies hanya terlibat dalam pendirian Ormas Nasdem, bukan Partai Nasdem,” sambungnya.

Mantan narapidana kasus Korupsi itu juga mengatakan, sulit untuk bisa dipahami jika manuver itu adalah bentuk kemarahan pimpinan Partai NasDem karena kehilangan kursi Jaksa Agung dalam Kabinet Indonesia Maju.

“Partai NasDem seharusnya sadar, pembetukan kabinet adalah hak prerogatif Presiden dan tidak bisa diatur siapapun,” katanya.

Diketahui, Kongres partai NasDem digelar di tengah isu sikap mendua NasDem dari kubu koalisi pendukung Presiden Joko Widodo.

Isu mencuat lantaran dalam beberapa pekan terakhir, Ketua Umum NasDem Surya Paloh gencar melakukan safari politik ke sejumlah partai oposisi.

Sejumlah pejabat dan tokoh partai oposisi itu yakni, Gubernur DKI Jakrata, Anies Baswedan dan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman. Surya juga dijadwalkan bertemu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas dalam waktu dekat. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *