Internasional

Mantan Raja Spanyol Disebut Lakukan Pencucian Uang

Mantan Raja Spanyol Juan Carlos melambaikan tangan di Palma de Mallorca, 1 April 2018. (Foto: AFP/JAIME REINA)

Madrid: Mantan raja Spanyol Juan Carlos sekali lagi menjadi sorotan publik setelah seorang mantan kekasih mengklaim dirinya terlibat dalam skema pencucian uang. Tak ayal, klaim ini memicu seruan untuk penyelidikan.

Skandal merebak setelah dua situs Spanyol menerbitkan rekaman terkait wanita bernama Corinna zu Sayn-Wittgenstein. Perempuan itu menuduh Juan Carlos berupaya menyembunyikan transfer uang dan menggunakan namanya untuk membeli properti di Monako dan Maroko.

Wanita aristokrat asal Jerman itu, yang berbasis di Monte Carlo, juga mengatakan sang raja pernah mengaku telah memindahkan sejumlah uang ke rekening sepupunya, Alvaro d'Orleans Bourbon, di Swiss.

Dalam rekaman, yang dirilis ke dunia maya pekan lalu, Corinna mengklaim Juan Carlos juga mengantongi uang dari kontrak proyek kereta api cepat dengan Arab Saudi. Seraya mengatakan kala itu Juan Carlos membutuhkan uang untuk menceraikan istrinya, Sofia, dan menikahi Corinna.

Beberapa ahli kerajaan yang dihubungi kantor berita AFP, Senin 16 Juli 2018mengatakan suara dalam rekaman itu memang suara Corinna. Corinna tidak membantah bahwa suara dalam rekaman itu miliknya.

Pakar kerajaan Pilar Urbano, yang telah menulis beberapa buku tentang keluarga kerajaan, mengatakan bahwa konten rekaman itu "kurang jelas dan samar, sehingga perlu ada lebih banyak penjelasan."

Bagi jurnalis Ana Romero, yang juga pakar dalam urusan kerajaan, tuduhan ini menjadi "masalah tambahan" bagi Raja Felipe, penerus Juan Carlos.

Partai Podemos yang berhaluan ultra-kiri di Spanyol telah menuntut penyelidikan mengenai berbagai kegiatan Juan Carlos, yang kini berusia 80 tahun.

Juan Carlos turun tahta pada 2014, dua tahun setelah dirinya membuat Spanyol murka karena pergi berburu gajah di Botswana dengan Corinna saat negara sedang berada di puncak resesi.

Reputasi kerajaan semakin ternoda ketika putri bungsunya, Cristina, terlibat dalam korupsi yang menjerat suaminya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close