Mantan Wagub Jabar Deddy Mizwar Diperiksa KPK Terkait Kasus Meikarta

  • Whatsapp
Mantan Wagub Jabar Deddy Mizwar usai diperiksa KPK, Jumat (23/8/2019)

INDOPOLITIKA- Aktor senior yang juga mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mirwar menjalani pemeriksaan di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Deddy mengaku ditanya seputar proses dan hasil rapat Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD).

Deddy diperiksa sebagai saksi pada kasus perizinan megaproyek Meikarta yang menjerat manta Sekreatris Daerah Iwa Karniwa.   “Mendalami jalannya rapat, hasil-hasil rapat BKPRD ya. Jadi ada keputusan-keputusan BKPRD yang dikaji kembali, ditanyakan kembali dan beberapa surat yang saya juga baru tahu ya,” kata Deddy di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Baca Juga:

Deddy enggan menjelaskan secara spesifik surat-surat apa saja yang dikonfirmasikan penyidik ke dirinya. “Ya nanti lah itu. Saya juga enggak tahu sampai sejauh mana kebenarannya itu. Nantilah di sidang kita lihat, mungkin juga saya diundang lagi di sidang,” katanya.

Deddy juga mengaku ditanya penyidik soal Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Iwa menjadi tersangka setelah diduga meminta uang sebesar Rp 1 miliar kepada pihak PT Lippo Cikarang melalui Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Neneng Rahmi Nurlaili.

Uang itu untuk memuluskan proses RDTR di tingkat provinsi. Kasus ini bermula ketika Neneng Rahmi menyampaikan pengajuan Raperda RDTR itu pada April 2017. Saat itu, Neneng diajak oleh Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bekasi untuk bertemu pimpinan DPRD Kabupaten Bekasi. (RMA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *