Maphilinda Syahrial Oesman: Momentum Hari Keuangan Nasional Harus Dimaknai dengan Bijak

  • Whatsapp

Palembang – Setiap tanggal 30 Oktober di peringati sebagai Hari Keuangan Nasional. Pada tanggal 30 Oktober 2018 menjadi Hari Keuangan Nasional ke 72. Uang menjadi salah satu kebutuhan pokok yang sulit dilepaskan. Perannya terhubung ke banyak aktivitas dari mulai belanja kebutuhan pokok, pembayaran jasa, asuransi, kredit dan lain sebagainya.

Setiap negara memiliki mata uang sendiri. Termasuk Indonesia memiliki mata uang rupiah, yang kehadirannya sudah akrab di tengah- tengah masyarakat. Rupiah diresmikan pada tanggal 30 Oktober 1946 dengan nama sebutan awal Oeang Republik Indonesia (ORI).

Bacaan Lainnya

Sehubungan dengan Hari Keuangan Nasional, Maphilinda Syahrial Oesman Caleg DPR RI Dapil Sumatera Selatan (Sumsel) 1 dari Partai Nasdem mengatakan bahwa momentum Hari Keuangan Nasional harus dimaknai dengan bijak dan diambil intisarinya. Dalam hari tersebut terdapat semangat kolektif untuk menghubungkan segala kebutuhan dengan uang. Sehingga uang menjadi alat yang sama untuk kebutuhan transaksi.

“Adanya uang karena ada semangat kolektif untuk menciptakan tatanan kehidupan yang lebih teratur dan tertib. Artinya semangat kolektif tersebut kembali kepada kebaikan bersama. Maka sejatinya mata uang termasuk rupiah dalam makna filosofisnya ialah kebersamaan dan keteraturan” kata Maphilinda kepada media saat ditemui di kawasan Palembang Icon, Selasa (30/10)

Menurut Caleg nomor urut 1 ini, keberadaan Hari Keuangan Nasional tidak hanya dilihat dari uang sebagai alat transaksi semata. Tapi harus juga dilihat dalam arti yang kolektif dan keteraturan. Begitupun dalam usaha menjaga nilai mata uangnya atau menjaga nilai rupiah untuk kemaslahatan, menjadi penting juga.

“Di hari Keuangan Nasional ini, kita jangan hanya memandang uang sebagai alat transaksi. Tapi harus juga dilihat dalam arti yang kolektif dan keteraturan,” pungkasnya. (ind)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *