Marak Politik Identitas, Komisi II Agendakan Review Paket UU Politik

  • Whatsapp
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera.

INDOPOLITIKA.COM – Komisi III DPR berencana mulai mereviev ulang paket UU politik. Banyaknya fakta-fakta masalah yang terjadi pada Pemilu 2019 lalu membuat komisi bidang Pemilu itu bergegas. Mereka akan mengagendakan review paket UU pemilu.

Anggota Komisi III DPR Mardani Ali Sera membenarkan adanya rencana review paket UU Politik tersebut. “Iya. Jadi, paket UU politik akan kita review. Belum revisi. UU Politik, Pileg, Pilpres, dan Pilkada. Empat itu. Mulai di review minggu depan,” katanya di DPR di gedung Parlemen, Senayan, Kamis (31/10)

Baca Juga:

Menurut dia, review paket UU Politik itu diharapkan akan meningkatkan kualitas demokrasi melalui Pemilu. Dia mengatakan, komisi II merasa perlu mendorong proses demokrasi yang sehat dan bebas dari praktik kecurangan.

“Kita berharap empat UU yang direview itu dapat melahirkan konsolidasi demokrasi yang dewasa, sehat, money politik yang rendah. Tidak ada politik identitas. Sehingga dilahirkan sistem politik yang sehat,” ujarnya.

Dia mengakui, review paket UU politik itu merupakan kesimpulan atas evaluasi hasil pemilu 2019 kali lalu. Itu menjadi dasar sehingga komisi II merasa perlu ada perbaikan dari hulu. Peristiwa – peristiwa penting pada pemilu kali lalu akan menjadi catatan khusus selama review berlangsung.

“Termasuk KPPS yang meninggal, money politik yang tinggi, politik identitas, menurunkan trashold. Ini yang mau kita rapikan,” ujarnya.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *