PemiluPKS

Mardani Ali Sera: Sudah Ada Tim yang Bertemu dengan Orang-Orang Dekat SBY

Indopolitika.com – Juru bicara Partai Keadilan Sejahtera, Mardani Ali Sera, mengatakan partainya membuka peluang koalisi dengan Partai Demokrat. “Sudah ada tim yang bertemu dengan orang-orang dekat SBY,” kata Mardani di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Mei 2014.

Menurut Mardani, peluang berkoalisi dengan Demokrat terbuka lantaran hingga kini PKS belum menemukan teman koalisi yang pas. Dia mengakui beberapa waktu terakhir PKS cukup intens berbicara soal koalisi dengan Partai Gerindra. Namun pembicaraan dengan partai bentukan Prabowo Subianto itu belum final. “Masih ada beberapa hal yang perlu dicari kecocokannya, terutama soal platform.”

Mardani mengatakan kemungkinan koalisi dengan Demokrat juga besar lantaran keduanya telah berkoalisi selama sepuluh tahun terakhir. “Kami sudah saling memahami karakter masing-masing,” ujarnya. Namun, bila jadi berkoalisi dengan Demokrat, partainya akan meminta kejelasan hubungan koalisi sejak awal.

PKS tak mau kisah koalisi pada masa lalu terulang. Dalam sejarah koalisi bersama Demokrat, PKS sering dianggap sebagai anak nakal. Menurut Mardani, partainya tak bermaksud merongrong koalisi, tetapi hanya ingin menyampaikan perspektif lain terhadap suatu kebijakan.

Kemungkinan berkoalisi dengan Demokrat, kata Mardani, juga mungkin terjadi karena adanya kesamaan pandangan dalam menempatkan tokoh. Menurut dia, beberapa tokoh konvensi penjaringan calon presiden Demokrat juga masuk rekomendasi PKS. “Ada Dahlan Iskan dan dulu juga ada Mahfud Md.”

Mengenai kemungkinan koalisi, saat ini PKS sudah membentuk tim lima yang bertugas menjajaki koalisi dengan sejumlah partai, termasuk Demokrat. Namun dia menyatakan penjajakan serius masih menunggu hasil konvensi penjaringan calon presiden Demokrat. PKS juga masih menunggu sikap dan ajakan koalisi dari Demokrat.

(tmp/ind/pol)

Tags

Artikel Terkait

Close