Mardhani: Pemain Transfer Dana Desa Ke Desa Siluman Bukan Orang Bawah

  • Whatsapp
Pengurus DPP PKS Mardani Ali Sera

INDOPOLITIKA.COM- Wakil Ketua Komisi II DPR Mardhani Ali Sera mengatakan, kasus desa fiktif atau desa siluman harus dibongkar. Menurut dia, transfer dana desa ke desa fiktif merupakan kejahatan yang tak boleh didiamkan. Tetapi dia tidak yakin, dana desa yang telah ditransfer ke desa fiktif itu diselewengkan oleh pihak desa.

“Kalau dibawah (desa) bermain (anggaran desa), nggak mungkin. Karena penetapan desa itu bukan domain desa itu sendiri,” katanya usai menjadi pemateri dalam seminar Nasional di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Baca Juga:

Karena itu, untuk mengurai kasus transfer ke desa siluman, Komisi II akan memanggil Kemendagri. Sebab, disana ada Direktorat Jenderal Bina Desa. Kasus tersebut, kata dia, harus dibongkar agar tidak terulang kembali.

“Ya harus dibongkar. Anggarannya sudah berapa lama. Misalnya sudah tiga tahun. Setiap tahun misalnya Rp 1 miliar, selama tiga tahun itu kemana uang tiga miliar itu. Dan siapa saja oknumnya,” katanya.

Dia juga mengapresiasi keberanian Menkeu Sri Mulyani yang berani mengungkap itu. Seharusnya, kata dia, seluruh persoalan terkait dengan desa sejatinya diungkap oleh pihak Kemendagri. Bukan oleh Kemenkeu. Dia menegaskan akan mempertanyakan itu kepada Kemendagri yang kini dipimpin Mantan Kapolri Tito Karnavian.

“Nanti minggu depan kami ketemu lagi (dengan Kemendagri) untik bahas bagaimana dana desa mau diselewengkan. Artinya, sebaik apapun program, kontrol, kontrol, kontrol dan akuntabilitas harus jelas,” ungkapnya.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *