Markas Besar Polri Akan Pindah ke Kaltim Secara Bertahap

  • Whatsapp
Gedung Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.

INDOPOLITIKA – Presiden Joko Widodo telah resmi mengumumkan Ibukota pindah ke Kalimantan Timur. Markas Besar (Mabes) Polri salah satu yang akan dipindahkan ke Ibukota baru tersebut. Institusi ini akan pindah secara bertahap.

Hal itu disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. Ia mengatakan, sejumlah satuan kerja (satker) polri yang dinilai penting bakal diprioritaskan untuk pindah lebih dulu.

Muat Lebih

“Satker yang mesti pindah unsur Kapolri, Wakapolri, Inspektur Pengawas Umum (Irwasum), staf pendukung seperti SDM, Sarana dan Prasarana (sarpras), dan Asisten Operasi (Asops) Polri,” kata Dedi, Selasa (27/8/2019).

Sementara pemindahan unsur satker pelayanan publik, kata Dedi, tak boleh menganggu kinerja pelayanan di Jakarta. Tak seluruh satker pelayanan itu ikut pindah.

“Unsur-unsur pelayanan yang ada disini juga tidak boleh terkurangi.Tapi unsur-unsur pelayanan yang ada di sana (Kaltim) perlu peningkatan, maka akan ditingkatkan,” ucap Dedi.

Lebih jauh, Dedi menjelaskan tingkat kebutuhan atas pelayanan publik di Jakarta masih cukup tinggi. Sebab Jakarta menempati peringkat kedua terkait kasus gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Sumatera Utara nomor satu. Rata-rata dalam setahun menangani 33 ribu kasus. Untuk Jakarta 24 ribu setahun. Berarti masih cukup tinggi,” ucap Dedi.

Hal senada juga disampaikan Wakapolri Komjen Ari Dono. Dia mengatakan Markas Besar (Mabes) Polri akan ikut pindah ke ibukota baru di Kalimantan Timur. Sementara untuk pelayanan akan tetap berada di bawah koordinasi Polda Metro Jaya.

“Pemerintahan pusat (Polri), kegiatan administrasi kepolisian khususnya tentang strategi dan kebijakan pasti bergeser semua ke sana (Kalimantan Timur),” katanya di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

Menurut Ari Dono, Korps Bhayangkara telah melakukan rapat terkait pemindahan markas. Nantinya beberapa satuan kerja (satker) juga akan digeser ke Kalimantan Timur.

“Dipilih nanti satuan-satuan kerja mana yang akan digeser dan tetap di sini,” ucap dia. (rma)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *