Cak Imin Juluki Ma’ruf Amin Ratu Lebah PKB

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menutup Muktamar V yang diselenggarakan sejak Selasa (20/8). Dalam pidatonya, Muhaimin memberi julukan untuk Wakil Presiden terpilih Kiyai Ma’ruf Amin sebagai ‘Ratu Lebah’ di PKB.

Ratu Lebah sendiri selama ini dipahami sebagai sosok penting dalam koloni Lebah karena memiliki berbagai keunggulan ketimbang lebah lain. Karena itu, Muktamar V ini menyematkan gambar Lebah di dekat logo PKB.

Baca Juga:

Muhaimin menilai Ma’ruf memiliki karakter seperti Ratu Lebah karena memiliki status sebagai Wakil Presiden terpilih dan memiliki pengalaman politik yang panjang dibandingkan para kader PKB saat ini.

“Kalau internal lagi di PKB, Ratu Lebahnya adalah Kiai Ma’ruf Amin. Karena beliau Wapres terpilih, punya pengalaman besar dan panjang,” kata pria yang akrab dipanggil Cak Imin ini saat berpidato menutup agenda Muktamar VI PKB, di Bali, Rabu (21/8).

Lebih jauh Cak Imin bercerita, sosok Ma’ruf merupakan sosok vital dan strategis di tubuh PKB selama ini. Diketahui, Ma’ruf sendiri dikenal sebagai pendiri sekaligus Ketua Dewan Syuro PKB pertama.

Cak Imin melanjutkan bahwa Ma’ruf sangat gigih untuk menggalang seluruh kader Nahdliyin dan para jajaran PBNU untuk mendukung PKB saat pertama kali dibentuk. “Kalau bukan kiai Ma’ruf, belum tentu bisa menyatakan bahwa PKB anak kandung NU,” tukas Cak Imin

Cak Imin juga menjelaskan filosofi Lebah yang digunakan sebagai logo Muktamar V PKB di Bali kali ini. Ia menyebut bahwa Lebah merupakan hewan yang tak pernah memproduksi sesuatu yang tak ada manfaatnya bagi lingkungan sekitar.

Sama halnya dengan PKB, ia berharap PKB bisa sama seperti Lebah agar menjadi rumah yang penuh manfaat bagi seluruh rakyat Indonesia. “Bergerombol, berorganisasi dalam satu kesatuan dan kebersamaan. Jangan tercerai berai. Kalau ada yang lepas satu itu akan mati karena meninggalkan barisan,” pungkas Cak Imin. (DB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *