INDOPOLITIKA.COM – Walikota Batam Haji Muhammad Rudi (HMR) kini berhembus kencang akan maju sebagai Calon Gubernur (Cagub) Kepulauan Riau (Kepri) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Pertanyaannya, lalu siapa yang pantas menggantikan kepemimpinan HMR di Batam?

Peneliti Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP) Sheviana Paramitha menilai dari sejumlah nama yang muncul sebagai kandidat Calon Walikota Batam 2024, nama Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina dianggap sebagai sosok yang paling tepat menggantikan HMR.

“The one and only, satu-satunya sosok yang pas untuk memimpin Batam ke depan tidak ada nama lain kecuali Marlin Agustina. Beliau yang paling paham bagaimana melanjutkan kesuksesan Rudi dalam membangun Batam,” kata Sheviana kepada wartawan di Batam, kemarin.

Sheviana menegaskan Batam harus dipegang oleh sosok yang memiliki visi-misi yang sama dengan HMR jika ingin terus maju. Dan sosok itu adalah Marlin Agustina.

Menurutnya, selama dua periode menjabat, HMR sudah banyak melakukan perubahan positif bagi Batam. Salah satu perubahan yang nampak tentu saja di sektor infrastruktur.

Beberapa infrastruktur seperti bandara, pelabuhan, hingga jalan sudah menampakkan Batam lebih baik.

Angka kemiskinan termasuk pengangguran di Batam juga terus turun berkat kebijakan-kebijakan yang dilakukan oleh HMR. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Batam, tingkat pengangguran terbuka (TPT) Kota Batam pada 2021 mencapai 11,64 persen. Angka tersebut mengalami penurunan menjadi 9,56 persen pada 2022 dan 8,14 persen pada 2023.

“Siapa yang menjabat Batam nanti harus mempunyai spirit yang sama dengan Walikota saat ini. Jika tidak maka apa yang dilakukan Rudi selama hampir 10 tahun ini dikhawatirkan mengalami kemandekan. Jadi sangat realistis dan beralasan jika saya sebut Marlin sosok yang tepat menggantikan Rudi,” tegasnya.

Jika Marlin maju benar-benar bersedia turun gunung maju menjadi Cawalkot Batam di Pilkada 2024, saya memprediksi beliau akan menang dengan mudah.

Pasalnya kepuasan masyarakat Batam kepada HMR mencapai lebih dari 90%. Dan orang akan melihat Marlin sebagai penerus HMR.

“Soal peluang menang sangat besar. Selama dua periode dipimpim Rudi, Batam maju pesat. Maka tak heran menurut survei pada tahun lalu angka kepuasan terhadap Rudi mencapai 95%. Ini sungguh luar biasa. Jadi jika Marlin membawa misi melanjutkan program-program Rudi, dipastikan akan menang mudah dalam Pilkada 2024 nanti,” pungkasnya. {Red}

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com