Mas Nadiem Minta Mahasiswa Indonesia di Wuhan Tenang

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Virus corona yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, Hubei, China telah menyebar ke sejumlah negara. Di China, korban tewas akibat virus mematikan ini mencapai lebih dari 100 orang, dengan jumlah orang terinfeksi 4.000 orang lebih.

Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang sebagian besar mahasiswa terjebak di sana karena kota itu diisolasi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim pun meminta para mahasiswa Indonesia untuk tetap tenang dan menjaga kesehatan.

Baca juga:

“Kami imbau agar mahasiswa kita di Wuhan dan di Tiongkok untuk tetap tenang, tidak perlu panik, dan mengikuti arahan dari KBRI,” kata Nadiem di Jakarta, Selasa (28/1).

Dia menyatakan, mereka tak perlu khawatir lantaran pemerintah telah melakukan koordinasi dengan otoritas setempat untuk menyalurkan logistik hingga situasi kembali normal. Nadiem juga meminta para mahasiswa terus berkoordinasi dengan KBRI, dan memantau perkembangan wabah melalui sarana komunikasi yang tersedia.

Berdasarkan laporan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) di Beijing, Yaya Sutarya, KBRI terus melakukan koordinasi melalui grup jejaring sosial gabungan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) dan Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (Dit. PWNI dan BHI).

Itu dilakukan untuk memonitor perkembangan langsung dari lapangan serta berkoordinasi dengan otoritas setempat. “Jadi masing-masing kampus kita bisa kontak dan update dua kali sehari, pagi dan malam hari,” ujarnya.

Pemerintah juga memberikan dukungan dengan menyediakan bahan pokok dan logistik. Dilaporkan persediaan logistik saat ini masih mencukupi lima hingga tujuh hari ke depan.[ab]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *