Masa Karantina Selesai, WNI Pulang Bawa Sertipikat Sehat dan Dibekali Duit

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah menjalani karantina di Natuna, Kepulauan Riau, selama empat belas hari diberikan sertifikat sehat oleh Kementerian Kesehatan. Selain sertifikat, para WNI ini dibekali uang saku dan akomodasi selama mereka melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman.

“Kami lengkapi sertifikat sehat usai observasi,” kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Berita Lainnya

Terawan menambahkan, sertifikat sehat yang diberikan oleh Kemenkes ini merupakan hasil dari pemantauan observasi dan representasi dari organisasi kesehatan dunia (WHO).

Bahkan, kata dia, perwakilan dari World Health Organization (WHO) turut mengantar kepulangan 285 WNI dari Wuhan yang diobservasi dari Natuna ke Jakarta, hari Sabtu, 15 Februari 2020, kemarin.

Ke 285 Orang WNI tersebut terdiri dari 238 warga, 5 orang dari KBRI yang bertugas mencari warga di Wuhan, dan 42 orang penjemput.  Ke 42 orang penjemput ini terdiri dari 18 orang kru Pesawat Batik Air, 3 Orang dari Kemenkes, 3 Orang dari Kemenlu, 8 Orang dari Kesehatan TNI dan 10 orang pengamanan dari TNI.

“Beliau juga terharu bagaimana saudara kita selesaikan masa observasi dengan baik dan tetap sehat,” kata Terawan.

Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir terkait dengan kepulangan para WNI ini. Ia menjamin mereka semua dalam keadaan sehat ketika sampai ke tiba di daerahnya masing-masing.

“Saya baru saja mendarat bersama rombongan pertama. Sekitar 100 orang. Dan dalam kondisi sehat sangat berbahagia. Karena mau ketemu keluarganya. Dalam kondisi yang sangat sehat,” kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Meskipun demikian,  ia meminta kepada Dinas Kesehatan setempat untuk tetap melakukan pemantauan dan membantu para WNI tersebut ketika mengalami keluhan.

“Semua WNI bahagia karena mereka akan kembali ke keluarga masing-masing di kampungnya dalam kondisi yang sehat. Dinas Kesehatan nantinya akan membantu kalau nanti ada yang dikeluhkan. Saya yakin WNI yang pulang mereka semua sehat. Sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” kata dia

Sebelumnya, Diketahui, sebanyak 285 warga yang telah menjalani karantina selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau, dipulangkan ke daerah masing-masing.  Pesawat pertama Boeing 737 yang membawa para WNI tiba di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2/2020) sore. Pesawat pertama itu turut ditumpangi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Proses pemulangan WNI ke kampung halamannya dilakukan menggunakan tiga pesawat milik TNI masing-masing 2 pesawat jenis Boeing dan 1 jenis Hercules yang diberangkatkan dari Lanud Raden Sadjad Ranai Natuna, Kepulauan Riau menuju Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta.

Ketiga pesawat tersebut bertolak dari Natuna pada pukul 13.15 WIB dan pesawat terakhir pada pukul 14.00 WIB kemudian mendarat di Jakarta pada sekitar pukul 15.46 WIB. Setibanya di Lanud Halim, mereka akan dijemput oleh perwakilan pemerintah provinsi masing-masing untuk kemudian didampingi sampai ke kampung halaman.[pit]

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *