Masih Ada Gempa Susulan, Kepala BMKG Minta Masyarakat Sulteng Jauhi Pantai

  • Whatsapp
Siklon Tropis Seroja Bergerak Menjauh, Kepala BMKG: Cuaca Diprediksi Akan Semakin Membaik
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati

INDOPOLITIKA.COM – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati meminta masyarakat di sekitar pesisir provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) khususnya di Bolaan dan Bunta untuk menjauhi area pantai.

Imbauan ini terkait dengan gempa bumi tektonik magnitudo 6,5 yang terjadi sebelumnya telah dimutakhirkan menjadi kekuatan M6,3 terjadi di wilayah Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-una, Sulteng, pada Senin (26/7/2021) malam pukul 19.09 WIB.

Berita Lainnya

“Untuk saat ini sebaiknya masyarakat di Bolaang dan Bunta menjauhi pantai dahulu. Tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak bertanggung jawab. Hindari bangunan yang retak atau kerusakan bangunan,” ujar Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual, Senin (26/7/2021) malam.

Ia menyebutkan dengan besarnya gempa di angka atas magnitudo 6, maka potensi kerusakan bangunan cukup besar. Dikhawatirkan banyak rumah yang terdampak. Namun hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang masuk.

Diungkapkan pada pukul 20.40 WITA, hasil monitoring BMKG, ada gempa susulan dengan kekuatan 3,4 magnitudo.

“Karena kondisi tanah aluvial dengan guncangan 6 skala richter kalau ada bangunan pasti akan sangat terdampak. Kalau merasakan gempa, yang di pantai itu diminta menjauh. Teorinya 20 hitungan. Tapi tidak harus menunggu sampai 20 hitungan. Apalagi di sana pantainya kan ada yang tebing tinggi,” ungkap Dwikorita. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *