Internasional

Masih Ada Warga Terjebak dalam Lumpur Akibat Gempa Jepang

Lumpur memenuhi rumah warga di Jepang akibat longsor yang dipicu gempa di Hokkaido. (Foto: AFP).

Tokyo: Pemerintah Jepang menyebutkan jumlah korban tewas akibat gempa Hokkaido bertambah menjadi 18 jiwa.

Baca juga: WNI di Hokkaido Mengungsi Akibat Gempa.
 
Hingga saat ini petugas penyelamat dengan buldoser dan anjing pelacak menggeledah lumpur pada Jumat untuk menemukan korban yang selamat dari tanah longsor yang mengubur rumah-rumah setelah gempa kuat 6,7 Skala Richter (SR).
 
Hingga saat ini masih ada 22 orang yang dinyatakan hilang. Mereka yang hilang dilaporkan berasal dari Kota Atsuma, di mana rumah warga hancur terkena longsong akibat dipicu gempa.
 
"Kami mendengar kabar bahwa masih ada warga yang terjebak di lumpur. Untuk itu kami bergegas untuk menyelamatkan mereka, meskipun sulit," ujar seorang pasukan Bela Diri Jepang, seperti dikutip AFP, Jumat 7 September 2018.
 
"Kami akan melakukan langkah terukur menemukan mereka," jelasnya.
 
Seorang warga lanjut usia di Atsuma mengatakan kepada kantor berita NHK:"Keluarga saya masih terkubur di lumpur dan belum ditemukan. Kami tidak bisa tidur, juga karena gempa susulan yang terus terjadi".
 
Akibat gempa, sekitar 1,6 juta rumah di Hokkaido masih belum teraliri dengan listrik. Tetapi Menteri Industri Jepang Hirosighe Seko mengatakan jumlah ini akan menurun menjadi 550 ribu pada Jumat.
 
Seko juga mengimbau warga untuk menghemat energi. Hingga saat ini, sekitar 22 ribu regu penyelamat terus memberikan pasokan bantuan untuk warga.
 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close