Masuk Tuh Barang! Tersangka Kredit Fiktif Kupedes Senilai Rp1,9 Miliar Ditahan

  • Whatsapp
Tersangka kredit fiktif saat akan dibawa ke Lapas kelas 1 Semarang untuk dilakukan penahanan. Foto: @penkumkejatijateng

INDOPOLITIKA.COM – Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, resmi menahan tersangka tindak pidana korupsi kredit fiktif KUPEDES pada PT. BRI (Persero) Tbk, Unit Kaliwungu Kantor Cabang Kendal, bernama Yana Yanuar.

“Tersangka akan menjalani penahanan ditingkat penyidikan selama 20 hari sejak tanggal 14 November 2019 sampai tanggal 03 Desember 2019 di LP Klas 1 Semarang,” tulis bunyi keterangan itu, seperti disampaikan di laman akun ig@penkumkejatijateng, dikutip indopolitika.com, Jumat (15/11/2019).

Muat Lebih

Sebelumnya, Yana Yanuar sudah ditetapkan sebagai tersangka kredit fiktif senilai Rp 1,9 miliar pada Kamis 31 Oktober 2019. Yana yang bertugas sebagai marketing dan analisis mikro atau disingkat Mantri, mengelabui bank lewat kredit fiktif 50 nasabah.

Kasus itu mulai ditingkatkan ke penyidikan, setelah alat bukti dan keterangan yang didapat sudah mencukupi untuk menetapkan pelaku menjadi tersangka. Kejati juga sudah melakukan pemeriksaan kepada para saksi, internal bank, dan pengawas.

Tersangka dijerat dengan pasal 2, pasal 3, pasal 9, pasal 11, dan pasal (1), (2) dan (3) Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sebagaimana telah diubah dan ditambahkan oleh UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *