Daerah

Masyarakat Jawa Barat Diminta Waspada Dengan Penipuan Berkedok Bantuan Pendidikan dari Japan Foundation

Setelah sebelumnya ramai pemberitaan tentang terungkapnya penipuan berkedok bantuan dana pendidikan dari Japan Foundation di Bondowoso, Jawa Timur pada medio 2017 lalu.

Modus penipuan tersebut kembali muncul di Sukabumi, Jawa Barat pada bulan Juli 2019 dengan beredarnya surat keputusan PT. Summitas Otto Indonesia yang dalam suratnya menyebutkan sebagai agensi pelakasanaan program dan alih daya Japan Foundation.

Selain itu, beredar surat undangan sosialisasi penerimaan bantuan wilayah Sukabumi atas nama Koalisi Network Management dan menyebut berkerjasama dengan Japan Foundation dan PT Summit Otto sebagai kordinator wilayah Jawa Barat.

Dari keterangan resmi di laman Japan Foundation adalah lembaga nirlaba Pemerintah Jepang satu-satunya yang khusus bergerak di bidang pertukaran budaya internsional. Lembaga ini berpusat di tokyo dengan 24 cabang di luar negeri dan hanya berkedudukan di Jakarta untuk cabang Indonesia.

“Jakarta memiliki 4 jenis kegiatan berikut, (1) Melaksanakan kegiatan yang digagas oleh kantor pusat The Japan Foundation,Tokyo (2) Melaksanakan kegiatan yang digagas oleh The Japan Foundation, Jakarta, yang memberikan kontribusi pada kegiatan pertukaran kebudayaan Jepang dan dunia khususnya Indonesia (3) Mendukung dan melakukan kolaborasi dengan organisasi eksternal (4) Melakukan penelitian, pengumpulan data dan menyediakan informasi yang terkait dengan aktifitas pertukaran budaya yang dilaksanakan oleh The Japan Foundation,” Keterangan dari laman resmi Japan Foundation.

Modus penipuan yang sama dengan kasus 2017 harus di waspadai masyarakat, khususnya Sukabumi, Jawa Barat karena Japan Foundation tidak pernah mempunyai kegiatan penyaluran dana bantuan sekolah. Oleh karena itu masyarakat diminta tetap waspada dan melaporkan ke pihak berwajib jika ada hal-hal mencurigakan.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Close
Close