Materai Daur Ulang Dijual Bebas di Kota Tangsel, Harganya Cuma Rp 5 Ribu  

  • Whatsapp
Tim Resmob V Polres Tangsel saat amankan pelaku daur ulang materai.

INDOPOLITIKA.COMSejumlah tempat foto copy di Kota Tangsel, diindikasi secara bebas menjual material kedaluwarsa kepada konsumenya. Salah satu diduga pelakunya adalah pemilik foto kopy “Muncul Komputer, di jalan Raya Psupiptek, Muncul.

Praktek curang ini bahkan sudah berlangsung lama, sebelum keempat pelaku ini berhasil ditangkap Polisi pada Selasa (15/10), di wilayah Tangsel dan Bogor. Awalnya, Polres Tangsel berhasil menangkap dua penjual yakni DR dan OP di warnet.

Baca Juga:

Dimana kedua pelaku sedang melayani konsumen yang ingin membeli materai. Tak berapa lama, aparat kembali
menangkap DH dan ED yang berada di wilayah Bogor sebagai pembuat materai daur ulang dengan barang bukti ribuan materai yang akan didaur ulang. Serta botol berisikan air cuka dan kaporit.

“Jadi materai itu tadi dibersihkan sedemikian rupa, tanda tangannya dibersihkan juga. Kemudian dibuat serapih mungkin dan ditempelkan kembali supaya menyerupai materai asli dari pabrikan,” ungkap Kanit V Resmob Satreskrim Polres Tangsel, Ipda Agam Tsaani Rachmat, Selasa (15/10).

Lanjutnya, dari pengakuan pelaku materai yang berhasil didaur ulangnya dijual seharga Rp 5 ribu. Dan, sasarannya yakni mahasiswa. “Mereka menjual Rp 5 ribu per materai. Sasarannya pelaku mahasiswa di sekitar lokasi,” imbuhnya.

Keempat pelaku yang berhasil diamankan, mengaku sudah menjalankan daur ulang materai selama lima bulan. “Mereka melakukan sudah enam bulan. Dan ini akan kami kembangkan kembali, apakah pelaku juga menjual di wilayah Tangsel yang lainnya,” ujar Agam.

Sementara itu, pelaku DH mengaku membuat daur ulang materai belajar secara otodidak dan mengikuti langkahnya melalui youtube. “Pertama dimasukin ke air supaya materainya lepas dari kertas. Abis itu, dikasih cuka sama kaporit di bagian yang kena tanda tangan. Kertasnya dapet di rongsokan kertas,” kata DH singkat.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *