Mau Lolos Tes Kartu Prakerja? Simak Tips Mengerjakan Soal-Soalnya Berikut Ini

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM –  Pemerintah melalui program Kartu Prakerja, bakal memberikan bantuan biaya dengan total Rp 3,5 juta kepada masyarakat yang belum memiliki pekerjaan, atau pun korban PHK, serta UMKM yang kehilangan pendapatannya. Dari angka itu Rp 1 juta untuk biaya pelatihan lalu sisanya diberikan dalam bentuk uang saku dan insentif.

Secara rinci, pemerintah akan mengirimkan uang saku sebesar Rp 2,4 juta selama 4 bulan, sehingga setiap bulannya sebesar Rp 600 ribu. Sementara untuk insentif sebesar Rp 150 ribu merupakan uang yang dikirimkan setiap kali peserta mengisi survei untuk evaluasi.

Bacaan Lainnya

Namun untuk mendapatkan Kartu Prakerja, Anda harus mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Hasil tes ini akan menjadi salah satu pertimbangan apakah Anda mendapatkan Kartu Prakerja atau tidak (selain faktor usia dan status bekerja). Jadi, penting bagi Anda untuk lulus tes ini.

Agar bisa lolos sebagai peserta Kartu Prakerja, Anda diharuskan mengisi data diri serta mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama kurang lebih 15 menit. Tes ini merupakan salah satu komponen yang wajib diikuti untuk mendaftar dan mendapatkan manfaat dari Kartu Prakerja.

Materi Tes yang Diujikan

Proses tes motivasi dan kemampuan dasar sepenuhnya berlangsung secara online, jadi untuk mengikuti tes ini pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Lalu, apa saja materi yang akan diujikan? Ini dia daftarnya seperti yang dilansir dari tirto.id.

  1. Matematika Dasar
  2. Pengurutan Instruksi
  3. Pemahaman Bacaan Non-Sastra

Setelah Anda menyelesaikan tes, tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja. Setelah mendapatkan email pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran.

Nah, sekarang pasti Anda ingin tahu ‘kan bagaimana caranya agar bisa berhasil dan lancar saat mengerjakan tes program Kartu Pekerja? Ikuti tipsnya berikut ini.

Tips Mengerjakan Tes Kartu Prakerja

1. Siapkan alat tulis

Pada tes Kartu Prakerja ini ada beberapa tipe soal yang harus Anda kerjakan, salah satunya matematika dasar. Untuk itu, sangat disarankan untuk Anda menyiapkan alat tulis seperti kertas coretan, pensil/pulpen untuk membantu Anda dalam berhitung atau mencatat hal-hal penting. Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, sebaiknya Anda menghitung setiap pertanyaan dengan sebaik mungkin menggunakan kertas.

2. Berlatih soal-soal kemampuan dasar

Agar perluang Anda untuk lolos seleksi lebih besar, sebaikya Anda melakukan persiapan dengan berlatih soal-soal kemampuan dasar. Soal-soal ini pun bisa Anda dapatkan dengan mudah di internet. Dengan berlatih lebih banyak soal, Anda pun menjadi lebih terbiasa dengan tipe-tipe soal kemampuan dasar, seperti matematika dasar, pemahaman bacaan, dan sebagainya.

3. Tenangkan diri agar bisa berkonsentrasi dengan baik

Saat menjawab soal tes, usahakan Anda tidak teburu-buru dan tetap tenang. Sebelum mengerjakan tes tenangkan diri terlebih dahulu agar konsentrasi tidak pecah. Cari tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan agar Anda bisa fokus selama mengerjakan soal. Jangan lupa untuk mengisi perut sebelum mulai karena keadaan perut kosong akan membuat Anda mudah lelah dan kehilangan daya fokus.

4. Perkirakan waktu dalam mengerjakan soal

Agar tidak kehabisan waktu, Anda wajib mengukur waktu yang diperlukan dalam mengerjakan soal. Ini dapat Anda latih mulai dari saat mengerjakan soal-soal latihan kemampuan dasar. Gunakan timer saat mengerjakan soal latihan untuk memperkirakan waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan sebuah soal.

5. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, baru kembali ke soal sulit. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *