Mau Urus Surat Bebas Corona untuk Balik ke Tangsel, Warga Ini Malah Dikarantina

  • Whatsapp
Ilustrasi

INDOPOLITIKA.COM – Seorang warga Mandailing Natal berusia 55 tahun terdeteksi terjangkit Covid-19 setelah diperiksa kesehatannya dengan metode rapid test (pemeriksaan secara cepat) di Puskesmas Kotanopan dan hasilnya reaktif.

Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution mengatakan, warga berinisial ARL itu asli Mandailing Natal yang tinggal di Tangerang Selatan itu kemudian diperiksa ulang dengan metode yang lebih akurat, yakni swab tenggorokan, hasilnya dia dinyatakan positif Covid-19.

Bacaan Lainnya

ARL lantas diisolasi di Rumah Sakit Umum Panyabungan Mandailing Natal dan dirujuk ke Rumah Sakit Martha Friska di Medan.

Menurut Dinas Kesehatan setempat, ARL sebenarnya tinggal di Tangerang Selatan. Dia pulang kampung untuk melayat ibunya yang meninggal dunia di Desa Muara Soro, Kecamatan Kotanopan, pada 19 Mei.

Pada 29 Mei, dia mengurus surat keterangan bebas Covid-19 di puskesmas setempat untuk kembali ke Tangerang Selatan dan karena itu mesti di-rapid test. Ternyata hasil pemeriksaannya reaktif. Dia lantas diperiksa dengan metode swab dan hasilnya diketahui positif terinfeksi pada 5 Juni.

Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan, sedikitnya ada 27 orang yang melakukan kontak langsung dengan ARL. Mereka sekarang diperintahkan isolasi mandiri di kampungnya. Semua orang yang berkontak langsung dengan si pasien juga telah di-rapid test.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mandailing Natal langsung melakukan rapid test terhadap 150 warga yang bersinggungan langsung dengan korban positf Covid-19 itu. Sedikitnya enam orang dinyatakan reaktif berdasarkan hasil rapid test itu sehingga harus segera diperiksa dengan metode swab.

Masih terdapat dua pasien dengan status Orang Tanpa Gejala di Rumah Sakit Umum Panyabungan yang hasil rapid test-nya reaktif. Keduanya merupakan pelaku perjalanan dari Bekasi dan Tanggerang. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *