Media China Soroti Polemik Nikita vs Habib Rizieq Serta Pangdam Jaya Ancam Bubarkan FPI

  • Whatsapp
Habib Rizieq menyapa pendukungnya saat peresmian sebuah masjid di Bogor pekan lalu. Foto: AFP

INDOPOLITIKA.COM – Polemik ucapan artis Nikita Mirzani ‘Habib tukang obat’ serta reaksi Habib Rizieq Shihab yang melontarkan ‘lonte’ dalam salah satu ceramahnya beberapa waktu lalu tidak hanya disorot masyarakat maupun media dalam negeri. Pasalnya, pernyataan kedua sosok itu bahkan ikut disorot salah satu media China, South Morning China Post (scmp.com).

Dalam artikel berjudul ‘Bintang sinetron Indonesia Nikita melawan ulama Rizieq atas pelanggaran aturan Covid-19’ yang dimuat 21 November itu, SCMP juga mengulik perjalanan karir Nikita Mirzani serta Habib Rizieq yang menyerukan penggal kepala orang-orang yang menghina Nabi Muhammad SAW dalam videonya di salah satu acara tak lama setelah tiba di Indonesia.

Berita Lainnya

Selain sorotan tersebut, SCMP ikut menyoroti pernyataan keras Pangdam Jaya, Mayjen TNI Dudung Abdurachman yang mengancam akan membubarkan FPI. Lebih jauh, ternyata SCMP juga tidak ketinggalan memberitakan Presiden Jokowi didoakan berumur pendek di salah satu acara keagamaan.

“Dalam satu setengah minggu setelah kembali ke Indonesia, ulama garis keras Habib Rizieq telah menyerukan pemenggalan kepala orang-orang yang menghina Nabi Muhammad, meminta pembebasan seorang terpidana pemimpin teroris dan mendoakan kematian Presiden Joko Widodo,” tulis South Morning China Post, di kanal this week in Asia, seperti dilihat indopolitika.com, Selasa (24/11/2020).

“Mungkin yang paling memprihatinkan, pemimpin Front Pembela Islam itu, telah memimpin pertemuan puluhan ribu pengikutnya, mengabaikan protokol kesehatan di negara yang saat ini kasus covidnya lebih dari 488.000 infeksi dan lebih dari 15.600 kematian,” sambung South Morning China Post.

Perseteruan dengan Nikita

Dalam pembahasanya mengenai Nikita Mirzani, South Morning China Post menyoroti respon Nikita terkait tindakan pemerintah terhadap kerumunan Habib Rizieq. “Bintang sinetron Nikita Mirzani dengan berani mengkritiknya, membuat marah para pendukungnya (pendukung Habib Rizieq), yang mengancam akan mengirim 800 orang untuk menggerebek rumahnya,” tulisnya kemudian.

Dalam postingan di akun Instagram-nya yang sudah dihapus, Nikita menyebut kerumunan massa yang menyambut Habib Rizieq di bandara “berlebihan”. “Sambutannya gila, kemacetan di mana-mana,” tulis smcp mengutip status media sosial Nikita sebelumnya.

Sebagai tanggapan, Rizieq yang marah dan pendukungnya memanggilnya “lonte” (bahasa Indonesia yang sangat kasar untuk pelacur),” sebut smcp.

Namun, tulis smcp, masyarakat yang khawatir dengan penyebaran virus corona dan bagi petugas kesehatan yang kelelahan karena menghadapi pandemi, mereka melihat Nikita, artis yang membintangi Film Jodoh Wasiat Bapak, seseorang yang mewakili kekhawatiran dan frustrasi mereka, atas kelambanan pemerintah yang dirasakan dalam masalah ini.

“Ini pertama kalinya saya bertemu dengan seorang wanita Amazon,” tulis salah satu dari 10,3 juta pengikut Nikita,”.

Para pengamat mengatakan, fenomena Habib Rizieq dan kemunculan lawannya, Nikita, merefleksikan “bangsa yang sedang krisis”. “Untuk pelanggaran Covid, Habib Rizieq telah didenda Rp 50 juta oleh Badan Ketertiban Umum (Satpol PP) Jakarta karena melanggar protokol kesehatan selama acara tersebut,”.

Nikita Mirzani. Foto: instagram Nikita Mirzani

Pangdam Jaya

Selain Nikita, smcp juga menyoroti pernyataan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman yang mengancam akan membubarkan Front Pembela Islam (FPI). Teguran langka oleh komandan militer menurut smcp.

“Saya memperingatkan Anda dan saya tidak akan ragu untuk bertindak tegas. Jangan coba-coba mengganggu persatuan dan kesatuan [bangsa]. Jangan merasa bahwa Anda mewakili [seluruh] komunitas Muslim,” tulis smcp mengutip pernyataan Dudung seperti dikutip CNN Indonesia.

Dudung mengatakan telah memerintahkan anak buahnya untuk menurunkan poster besar Habib Rizieq yang dipasang di jalan di beberapa kecamatan Jakarta. Ucapan tegas Dudung pun diganjar trending Twitter hingga memunculkan hastag #Dudung. [ind]

Artikel lengkapnya di sini: tps://www.scmp.com/week-asia/politics/article/3110752/indonesian-soap-star-nikita-takes-firebrand-cleric-rizieq-over

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *