Melihat Airin Rachmi Diany, Cantik Itu Tegas

Mantan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany/net

Oleh: Muhtar Sadili, Penulis Kisah Politik Alumni UIN Jakarta

INDOPOLITIKA.COM – Bulan Oktober 2014 menjadi bulan penuh berkah bagi Kota Tangerang Selatan. Bukan karena hajatan besar yang diadakan pemerintah daerah kota berusia enam tahun ini. Bukan pula arena adanya perayaan super meriah yang dihadiri ribuan pengunjung.

Bacaan Lainnya

Pada bulan itu, pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda), Kementerian Dalam Negeri, menganugerahi predikat terbaik pertama sebagai daerah otonom baru se-Indonesia.

Tangsel dipastikan meraih predikat itu setelah berhasil mengungguli 32 daerah otonom baru hasil pemekaran tahun 2008-2009. Tangsel mendapat poin 80,5 unggul 0,1 atas peringkat kedua, yakni Kabupaten Miranti, Kepulauan Riau, dengan poin 80,4.

Sedangkan peringkat ketiga diraih Kota Sungai Penuh, Jambi, dengan poin 79,0. Pemeringkatan dilakukan berdasarkan penilaian sejak tahun 2013 dan kemudian diputuskan dalam rapat Fasilitasi Pembinaan Daerah Otonom Baru Dirjen Otda.

Didapuknya Tangsel sebagai daerah otonom baru (DOB) terbaik dinilai dari beberapa indikator. Misalnya, struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAD) yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Begitu pula Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang mengalami lonjakan signifikan dalam tiga tahun terakhir.

Disamping itu, program Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang diimbangi infrastruktur memadai juga menjadi salah satu pertimbangan. Semua indikator itu telah mengantarkan Tangsel sebagai salah satu DOB yang berhasil di Indonesia, serta layak dijadikan contoh bagi DOB lain.

Tentu saja semua keberhasilan itu tak didapat dengan gratis. Kerja sama antar unit pemerintah daerah, kekompakan antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), juga kerja sama antar pemerintah dengan masyarakat jadi faktor utama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.