Menag : Agar Tidak “Menyesatkan”, Juru Dakwah Wajib Bekali Diri Selain Ilmu Agama

  • Whatsapp
Menteri Agama menerima kunjungan Ma'had Aly se-Indonesia, kemarin. ((foto: Rusydi)

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Agama Fachrul Razi berharap kepada para juru dakwah tanah air agar senantiasa membekali diri dengan berbagai wawasan dan ilmu pengetahuan, selain ilmu agama tentunya. Hal itu penting agar pesan yang disampaikan kepada masyarakat tersampaikan dengan baik.

Demikian penegasan itu disampaikan Menag saat menerima kunjungan Ma’had Aly se-Indonesia di kantornya, kemarin. “Mempunyai juru dakwah yang berilmu adalah impian saya. Coba nanti kalau ada penataran juru dakwah kita kasih tahu. Dia harus betul-betul menambah ilmunya di bidang terkait yang dibutuhkan,” pesan Menag.

Baca Juga:

Bukan hanya ilmu agama, menurut Menag, para juru dakwah juga harus melengkapi diri dengan ilmu lainnya. Misalnya, jika juru dakwah ingin berceramah pada hal yang menyangkut perihal ekonomi, maka mereka perlu melengkapi diri dengan ilmu pengetahuan ekonomi. “Ini penting, agar jangan sampai kita menyesatkan masyarakat,” kata Menag melansir laman kemenag.go.id.

Terkait dengan Ma’had Aly, Fachrul Razi amat mengapresiasi keberadaan Ma’had Aly dan berharap dapat terus memberikan manfaat bagi umat. Ia berharap Ma’had Aly dapat memberikan kontribusi menghasilkan pemuka agama yang berilmu.

Ma’had Aly merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) berbasis pesantren. Saat ini, sudah berdiri 46 Ma’had Aly yang tersebar di pesantren-pesantren nusantara. Ma’had  Aly sendiri menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang penguasaan ilmu agama Islam (tafaqquh fiddin) berbasis kitab kuning yang diselenggarakan oleh pondok pesantren.

Kitab kuning yang dimaksud adalah kitab keislaman berbahasa Arab yang menjadi rujukan tradisi keilmuan Islam di pesantren. Adapun tujuan Mahad Aly adalah menciptakan lulusan yang ahli dalam bidang ilmu agama Islam (mutafaqqih fiddin), dan mengembangkan ilmu agama Islam berbasis kitab kuning.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *