Menag Imbau Imam Masjid Berdo’a Tidak Melulu Gunakan Bahasa Arab

  • Whatsapp
Menag Fachrul RAzi

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Agama Fachrul Razi kembali mengeluarkan statemen kontroversial, kali ini ia mengimbau imam-imam Masjid berdoa menggunakan bahasa Indonesia dan tidak dengan bahasa Arab. Sebab, bahas Arab tidak dimengerti semua umat Islam.

“Iya, harus ada (bahasa Indonesia), karena kadang-kadang kalau berdoa yang semua bahasa Arab (tidak senua mengerti),” kata Menag Fachrul Razi usai jadi khatib Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Baca Juga:

Jenderal purnawirawan ini mencontohkan, misalnya ketika imam berdoa untuk mengajak umat Islam menerapkan ajaran Islam yang damai. Akan tetapi tidak dipahami oleh seluruh umat Islam apabila menggunakan bahasa Arab.

“Misalnya mengajak kita untuk melakukan Islam yang damai, disampaikan semuanya dalam bahasa Arab, belum tentu orang paham. Jadi kita gabung aja,” sambungnya.

Sebelumnya, dalam kesempatan membuka Lokakarya Peningkatan Peran dan Fungsi Imam Tetap Masjid, di Hotel Best Western, Jakarta Pusat, Fachrul Razi mengimbau imam masjid diharapkan dapat menggunakan bahasa Indonesia, selain bahasa Arab.

Ia berpendapat, tidak semua jemaah mengerti bahasa Arab. Sehingga, apabila doa itu digabung antara bahasa Arab dan Indonesia akan dipahami oleh jemaah.

“Dalam berdoa, gunakan juga bahasa Indonesia agar umat dan masyarakat mengerti, karena tidak semua umat, warga bangsa ini mengerti bahasa Arab,” ujar dia.[rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *