Menantu Eks Kepala BIN AM Hendropriyono Berpeluang Tempati Kursi Wakil Panglima

  • Whatsapp
KSAD Jenderal Andika Perkasa

INDOPOLITIKA.COM- Pengamat militer Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi melihat, peluang Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa untuk menduduki posisi Wakil Panglima TNI lebih besar, jika dibandingkan dengan dua kepala staf TNI lainnya.

“Melihat dari masa dinas aktifnya yang paling berpeluang ya Andika Perkasa,” kata Khairul saat dihubungi indopolitika.com, Sabtu (9/11).

Baca Juga:

Jenderal Andika Perkasa selain sebagai KSAD diketahui juga pernah menempati kursi Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Danpaspampres) di era Jokowi. Jenderal Andika Perkasa juga dikenal  sebagai menantu dari mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono yang memiliki kedekatan dengan Presiden Jokowi. 

Namun, lanjut Khairul, menimbang situasi politik yang ada saat ini ada kemungkinan-kemungkinan lain yang sulit diprediksi dalam menimbang peluang dari masing-masing calon Wapang TNI.

Apalagi mekanisme dalam proses pemilihan masih belum diketahui. Namun setidaknya, menurut Khairul, ada dua mekanisme yang bisa diterapkan oleh Presiden Jokowi dalam menentukan Wapang TNI.

Pertama, menggunakan kriteria yang sama seperti saat menentukan Panglima TNI, yaitu, pernah atau sedang menjabat kepala staf angkatan. Pola kedua, yaitu promosi dari bintang tiga ke bintang empat tanpa harus melalui jabatan kepala staf angkatan.

Jika pola pertama yang dipakai, maka hanya ada tiga kandidat yakni para kepala staf angkatan saja. Tapi jika pola kedua yang digunakan, maka jabatan ini menjadi lebih kompetitif.

“Ada banyak perwira bintang tiga yang berpeluang, terutama yang pernah atau sedang memimpin kotama-kotama (komando utama) operasional dan jabatan strategis lainnya,” pungkasnya.

Diketahui, Presiden Jokowi menerbitkan Perpres Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Susunan Organisasi TNI terkait posisi Wapang TNI. Posisi itu akan dijabat perwira berpangkat jenderal. [sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *