Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Soal Tiga Fokus Realokasi Anggaran Hadapi Covid-19

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Mendagri Tito Karnavian mengatakan ada strategi terukur dalam perang melawan Covid-19. Strategi itu terdiri dari tiga point utama, mulai dari penguatan aspek kesehatan, jaring pengaman sosial, dan ketiga bantuan bagi dunia usaha.

Mendagri pun telah mengeluarkan Permendagri Nomor 20 tahun 2020 yang mengatur seputar kewenangan kepala daerah untuk melakukan realokasi dan refocusing anggaran untuk pencegahan penyebaran virus Corona.

Bacaan Lainnya

Tito mengatakan, realokasi anggaran tersebut difokuskan kepada tiga bidang penanganan. Pertama, peningkatan kapasitas kesehatan. “Jadi segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan publik baik sosialisasi maupun pencegahan,” kata Mendagri di Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Realokasi anggaran, lanjutnya, juga difokuskan untuk pembentukan gugus tugas percepatan penanganan Covid -19. Misalnya langkah mitigasi, rapid tes atau pencegahan, seperti pengadaan masker, hand sanitizer atau alat cuci tangan dan hal lainnya.

Penguatan kapasitas kesehatan, kata Tito termasuk peningkatan kapasitas perawatan, pengadaan rumah sakit, ranjang perawatan, tenaga medis serta sarana dan prasarana lainnya. “Termasuk obat obatan dan vitamin,” ujarnya.

Kedua, adalah penyiapan jaring pengaman sosial. Anggaran bisa untuk bantuan bagi warga yang tidak mampu karena terdampak Covid-19.

“Jika masyarakat tidak dibantu oleh pemerintah dan   pemerintah, maka krisis kesehatan ini akan berubah menjadi krisis ekonomi. Lalu Krisis ekonomi akan berubah menjadi krisis sosial. Ini yang tidak boleh terjadi karena akan mengarah pada keamanan,” tandasnya.

Fokus yang ketiga, kata Tito, adalah membantu dunia usaha dan menyiapkan ketahanan pangan. Pemerintah harus membantu agar dunia usaha agar tetap hidup. “Jadi pemda jangan melarang industri beroperasi itu akan mengganggu keseluruhan sistem,” ujarnya. (rma)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *