Internasional

Mendagri Italia Tidak Takut Ditangkap atas Isu Imigran

Mendagri Italia Matteo Salvini. (Foto: AFP)

Roma: Menteri Dalam Negeri Italia mengaku tidak takut atas dugaan pelanggaran terkait penahanan lebih dari 100 imigran di sebuah kapal di pelabuhan Catania. Ia mengaku siap jika harus muncul di persidangan.

Sebelumnya, sekelompok jaksa di Italia telah membuka penyelidikan mengenai dugaan penyalahgunaan kekuasaan oleh Salvini.

Penyelidikan dilakukan usai para imigran di kapal bernama Diciotti itu tidak diizinkan keluar oleh pemerintah Italia sejak lebih dari 10 hari lalu. 

Fokus dari penyelidikan terhadap Salvini dan beberapa pejabat terkait lainnya adalah dugaan "penahanan ilegal serta penyalahgunaan jabatan."

Meski sempat ditahan, akhirnya 140 imigran yang ada di Diciotti diizinkan turun. Awalnya ada sekitar 180 imigran di kapal tersebut, namun beberapa sudah terlebih dahulu diizinkan turun karena faktor usia dan kesehatan.

Baca: Italia Akhirnya Izinkan 140 Imigran Turun dari Kapal

"Setiap penyelidikan, kebohongan, penghinaan atau ancaman muncul karena saya membela keamanan, perbatasan, dan masa depan Italia. Ini justru kehormatan bagi saya," kata Salvini dalam tulisannya di Twitter, seperti dikutip dari Telegraph, Minggu 26 Agustus 2018.

"Mereka bisa menangkap saya, tapi itu bukan keinginan 60 juta warga Italia. Belum lama ini sebuah jembatan roboh dan menewaskan 43 orang, dan hingga kini belum ada penyelidikan. Tapi sekarang mereka justru menyelidiki seorang menteri yang hanya ingin melindungi negara ini," lanjut dia.

Jumat kemarin, pemerintahan populis Italia mengancam menghentikan aliran dana ke UE, kecuali jika blok tersebut bersedia menampung sejumlah imigran dari Diciotti. 

UE merespons keras pernyataan Italia, dan menegaskan bahwa pihaknya tidak akan tunduk terhadap ancaman.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close