Internasional

Menelepon Jokowi, Raja Salman Ungkapkan Belasungkawa

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Foto: AFP)

Jakarta: Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud, Selasa 2 Oktober 2018, menelepon Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan belasungkawa kepada para korban gempa dan tsunami yang melanda Palu, Donggala dan sekitarnya di Sulawesi Tengah. 

Dalam sambungan telepon tersebut, Raja Salman menegaskan dukungan penuh Arab Saudi terhadap saudara-saudara di Indonesia. Riyadh juga siap memberikan dukungan materiil kepada para korban untuk mengurangi beban mereka semua.

Baca: Inggris Siapkan Rp39,2 M untuk Korban Gempa Sulteng

"Beliau juga memohon kepada ALLAH SWT untuk mencurahkan rahmat-NYA bagi para korban jiwa, dan segera menyembuhkan para korban luka," tulis keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI.

Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Yang Mulia Penjaga Dua Kota Suci atas dukungan pemerintah serta rakyat Arab Saudi kepada Indonesia yang sedang dilanda bencana.

Ucapan duka cita dari para tokoh global terus mengalir untuk Indonesia. Banyak negara sahabat yang juga menawarkan bantuan untuk meringankan beban masyarakat terdampak bencana di Sulteng.

Gempa yang mengguncang Sulteng pada Jumat 28 September menyebabkan tsunami dan mengakibatkan kerusakan parah. Data terbaru Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 1 Oktober menyebutkan total korban tewas mencapai 844 jiwa, dengan lebih dari 600 terluka.

 

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close