Mengenal Bibit IF8, Inovasi Pertanian Yang Membuat Kades Aceh Dipolisikan

Bibit Padi IF 8 (ist)

Kasus ini bermula dari bibit padi jenis IF8 bantuan dari Gubernur Aceh di daerah Nisam kepada petani, sebagai bibit unggul pada 2017 lalu, Tgk Munirwan, Kepala Desa Meunasah Rayeuk, Kabupaten Aceh Utara berhasil mengembangkan benih padi IF8 yang telah membawa dampak positif, terhadap petani di sejumlah desa di kabupaten setempat.

Selama pengembangan benih IF8, para petani berhasil melakukan adaptasi. Benih hasil dari penanaman benih padi IF8 itu dapat menghasilkan 11,9 ton per hektare. Dan merupakan keberhasilan yang luar biasa, karena belum ada varietas padi yang mampu berproduksi sebanyak benih padi IF8.

Pemelihan lokasi bukan tanpa sebab, petani di desa tersebut dalam kondisi sulit, petani kerap gagal panen, kekeringan menambah derita petani setempat. Benih padi berhasil dikembangkan, tahun 2017, masyarakat setempat panen raya.

Dari hasil panen yang memuaskan, biji padi akhirnya di gunakan untuk dua hal, satu untuk dikonsumsi dan dibudidaya. Tahun 2018 dari hasil rapat masyarakat, agar bibit tetap terjaga kualitasnya, dibentuklah Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

BUMDES berperan untuk membeli hasil panen masyarakat. Padi yang dibeli lalu disortir menjadi dua bagian, sebagian hasil panen untuk dikonsumsi dan sisanya dijadikan bibit.

Akhir 2018, bibit iF 8 juga ikut diperlombakan dalam kegiatan konpetisi Inovasi Desa, mendapat juara 1 di tingkat provinsi Aceh dan juara 2 di tingkat Nasional.

2019, BUMDES membentuk unit usaha, PT Bimades Nisami, unit usaha tersebutlah yang kemudian secara masal mengumpulkan bibit dari petani, mensortir dan menjadikannya sebagai bibit komersil.

Di tahun yang sama, bibit ini masuk dalam daftar Bursa Inovasi Desa, sebuah sajian menu yang dihadirkan Kementerian Desa untuk dapat dibeli oleh seluruh desa di Indonesia.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh pada tanggal 28 Juni 2019, mengirimkan surat ke polda Aceh, surat tersebut perihal penyebaran benih IF 8 tanpa lebel. Surat tersebut disinyalir awal mula Munirwan ditetapkan tersangka atas kasus tersebut.

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.