Mengenal Lodewijk Freidrich Paulus, Sosok yang Disebut Sebagai Pengganti Azis Syamsuddin di DPR

Lodewijk Freidrich Paulus

INDOPOLITIKA.COM – Sekretaris Jenderal Partai Golkar, yang kini merupakan anggota Komisi I DPR, Lodewijk Freidrich Paulus, disebut-sebut sebagai menggantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR dari Fraksi Golkar.

Sejumlah sumber Indopolitika mengatakan, Ketum Golkar Airlangga Hartarto telah menunjuk sosok yang pernah menjabat Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus itu sebagai pengganti Azis yang tengah tersandung masalah di KPK.

Menempatkan unsur TNI di posisi strategis seperti Wakil Ketua DPR dinilai petinggi Golkar sebagai sebuah langkah yang tepat. Oleh sebab itu, pilihan Airlangga akhirnya jatuh ke tangan Lodewijk menyingkirkan nama-nama yang sempat menguat seperti Melchias Markus Mekeng, Ahmad Doli Kurnia, serta Addies Kadir.

Sebelum terjun ke politik, pria kelahiran Manado, 27 Juli 1957 ini adalah salah satu perwira tinggi TNI yang cukup dikenal. Lodewijk adalah Komandan Jenderal Pasukan Khusus (Danjen Kopassus), yang bertugas mulai Desember 2009 hingga September 2011.

Ia adalah Danjen Kopassus ke-24, yang menggantikan Jenderal (Purn) Pramono Edhie Wibowo. Setelah itu, Lodewijk digantikan oleh Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tenaya.

Setelah usai tugas sebagai Danjen Kopassus, Lodewijk dimutasi dan menduduki posisi sebagai Pangdam I Bukit Barisan mulai dari September 2011 hingga Juni 2013.

Lama bertugas dengan baret merah, pensiunan jenderal bintang tiga ini mengakhiri karir militernya pada posisi terakhir sebagai Dankodiklat TNI AD sejak Juni 2013 hingga Juli 2015.

Lulusan Akmil 1981 ini juga pernah menjabat pada posisi penting lainnya di TNI, seperti Asops Danjen Kopassus hingga Danrem 052/Wijayakrama. [rif]

Bagikan:

Ikuti berita menarik Indopolitika.com di Google News


Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.