Mengenal Marsudi Wahyu Kisworo, Ahli KPU di Sidang MK

  • Whatsapp
Saksi Ahli KPU Marsudi Wahyu Kisworo (ist)

Setelah di tunda hampir sembilan jam, sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) kembali digelar pukul 13.00 dengan agenda mendengarkan keterangan ahli dan saksi dari pihak termohon Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (20/6/2019).

Pihak termohon tidak menghadirkan saksi, hanya menghadirkan ahli pada agenda lanjutan ini. Marsudi Wahyu Kisworo ahli yang dihadirkan oleh KPU sontak menjadi perbincangan di dunia maya oleh para netizen yang mengikuti proses sidang MK secara live streaming dibeberapa platfrom media sosial.

Berita Lainnya

Berdasarkan data yang dirangkum dari berbagai sumber, Marsudi Wahyu Kisworo lahir di Kediri pada tanggal 29 Oktober 1958. Ia menamatkan pendidikan dasar di Ponorogo, sedangkan SMP dan SMA di Kota Madiun sebelum melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Elektro dengan spesialisasi Teknik dan Sistem Komputer. Kemudian Marsudi melanjutkan kuliah S2 di Australia tahun 1989 di bidang komputer, dan S3 di Bidang Komputer Curtin University, Western University dari Perth.

Marsudi tercatat sebagai professor IT pertama di Indonesia, dan kini menjadi arsitek IT KPU. dalam keterangannya di MK. Selain sebagai praktisi IT, dalam ranah akademis ia tercatat sebagai guru besar di bidang IT.

“Di bidang akademisi, saya juga banyak berpraktek. Saya banyak membangun sistem informasi yang besar di Indonesia. Salah satunya sebagai arsitek sistem informasi pemilu. Bersama teman-teman dari UI, ITB, dan ITS dan saya waktu itu di Paramadina, merancang sistem sistem informasi pemilu,” ujarnya.

Selain itu, Marsudi sudah pernah melakukan sejumlah publikasi di beberapa jurnal ilmiah, seperti Google Scholar dan Scopus. Dia juga telah berhasil meluluskan 22 orang doktor di berbagai bidang. Empat di antaranya sudah menjadi profesor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *