Mengenal Sosok Shin Tae-yong yang Akan Segera Tanda Tangani Kontrak dengan PSSI

  • Whatsapp
Pelatih Shin Tae-yong

INDOPOLITIKA.COM – Sosok pengganti Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia yang dipecat akibat rentetan hasil buruk akan segera terisi. Shin Tae-yong dijadwalkan akan duduk di kursi pelatih Tim Garuda dan menandatangani kontrak bersama PSSI di Indonesia hari ini, Kamis (26/12/2019).

Tae Yong mengalahkan kandidat lainnya, Luis Milla Aspas, untuk menangani Timnas Indonesia. Pria asal Korea Selatan itu juga lebih memilih menerima tawaran dari PSSI, ketimbang melatih klub Liga Super China, Shenzhen FC.

Baca juga:

Kabar soal Shin Tae-yong yang segera berada di Indonesia tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Soemantri.

Perkenalan Shin Tae-yong sebagai pelatih anyar timnas Indonesia direncanakan berbarengan dengan pembukaan Kongres PSSI yang dijadwalkan pada 25 Januari mendatang.

“Untuk pelatih timnas Indonesia senior adalah Shin Tae-yong. Januari akan kami kenalkan Shin Tae-yong,” ucap Cucu Soemantri.

Media di Korea Selatan melaporkan bahwa Shin Tae-yong telah menyetujui tawaran PSSI untuk menangani Timnas Indonesia. Seperti dilansir situs dongA, Tae Yong akan melatih tiga level Timnas Indonesia sekaligus.

Selain skuat senior, mantan juru taktik Timnas Korea Selatan itu juga diproyeksikan sebagai pelatih kelompok usia U-22 dan U-20.

“Saya akan berangkat ke Indonesia pada 26 Desember 2019 dan menandatangani kontrak. Tidak mungkin ada perubahan,” ujar Tae Yong dinukil dari dongA.

Jika kabar itu benar, maka Tae Yong akan menangani Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021 ketika Indonesia dipercaya menjadi penyelenggara tunggal.

“Saya diminta oleh PSSI untuk mengembangkan sepak bola Indonesia secara kesuluruhan. Saya ingin melatih pemain muda dengan baik sebab Indonesia akan menggelar Piala Dunia U-20 2021,” tuturnya.

Shin Tae-yong pensiun sebagai pemain di usia 35 tahun pada 2005 bersama Brisbane Roar. Dia kemudian menjadi asisten pelatih di klub tersebut selama tiga musim.

Sosok yang membela Timnas Korsel sebanyak 23 kali itu kemudian pulang ke kampung halaman dan menangani Seongnam Ilhwa Chunma. Seperti Brisbane Roar, Shin Tae-yong juga pernah membela Seongnam di lapangan hijau pada periode 1992-2005.

Kariernya melesat di sini. Dia membawa Seongnam menjuarai Liga Champions Asia 2010. Capaian itu membuatnya dipercaya menjadi asisten Hong Myung-bo di kursi pelatih timnas pada Januari 2014.

Sempat menjadi caretaker ketika Hong Myun-bo pergi, Shin Tae-yong kembali jadi deputi ketika Uli Stielike dipilih untuk menangani Son Heung-min dan kawan-kawan. Pada saat bersamaan, dia dipercaya menangani tim U-23 dan U-20 Korea Selatan. [rif]

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *