Menhan Ajak Negara Kawasan Indo-Pasifik Perangi Terorisme

  • Whatsapp
Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu

JAKARTA, INDOPOLITIKA – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengajak negara-negara yang berada di ASEAN dan sebagian Asia menjadikan kesamaan karakteristik musuh, yakni terorisme, sebagai peluang membangun kerja sama yang erat di kawasan Indo-Pasifik.

“Marilah kita bersama-sama mengatasi ancaman ini dan menjadikan ancaman bersama ini untuk membangun kerja sama kawasan demi membentuk peradaban dunia yang kuat,” kata Menhan saat kegiatan IIDSS 2019 di Jakarta, Senin (8/7/2019).

Bacaan Lainnya

Karakteristik terorisme di negara-negara Indo-Pasifik menurut dia memiliki kesamaan, yakni berawal dari konflik domestik di Suriah dan meluas menjadi organisasi terorisme Negara Islam Irak Suriah. Ancaman teror tersebut meluas ke negara-negara ASEAN dan beberapa negara Asia dengan berbagai macam nama, seperti Daulah Islamiah.

Keberadaan terorisme ini tentu sangat mengganggu dinamika keamanan negara-negara terdampak. Oleh karena itulah kerja sama menciptakan rasa aman dan menangkal ancaman di kawasan Indo-Pasifik menurut dia sudah menjadi keharusan yang tidak dapat ditunda.

Apalagi saat ini Indo-Pasifik begitu diperhitungkan dunia karena 40 persen perekonomian global atau 5,8 triliun dolar AS bergulir di kawasan itu.

“Saya sangat optimis harapan dan peluang (kerja sama) akan sangat besar daripada tantangan dan ancamannya,” ujar Menhan. (DB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *