Menhub Budi : Sistem Transportasi Berbasis Rel Cocok Untuk Ibu Kota Baru

Menhub Budi Karya

INDOPOLITIKA.COM– Pemerintah menjanjikan transportasi berbasis rel kereta api untuk mobilitas masyarakat di Ibu Kota baru. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi  mencontohkan sarana transportasi yang akan dibangun, mulai dari MRT, LRT hingga bus autonomous. Kata dia, sistem trasnportasi seperti ini cocok untuk aktivitas masyarakat dari satu daerah ke daerah lainnya.

Trasnportasi  ini dipilih sesuai dengan impian pemerintah yang ingin menjadikan kota baru sebagai kota yang futuristik. Tetapi, sampai saat ini lahan untuk pembangunan fasilitas moda tersebut belum tersedia.

Baca Juga:

“Kami belum hitung berapa biayanya. Tetapi deferredly titik yang akan ditetapkan belum ada,” katanya (10/10)

Dia mengatakan, apabila hendak melakukan suatu pembangunan, ketersediaan lokasi menjadi sangat penting. Bahkan, ketersediaan lokasi menjadi kebutuhan utama. Bila dilihat di lokasi penajam dan Kutai Kertanegara potensinya masih sangat besar.

“Bahkan lokasi menjadi kriteria kunci keberhasilan,” katanya.

Saat ini, kata dia, mobilitas masyarakat di calon ibukota baru masih angkutan konvensional. Seperti bus kota dan bus antar kota. Karena itu, budaya transportasi masyarakat disana menjadi salah satu perhatian khusus. Merubah budaya bertransportasi masyarakat tidak mudah.

“Masalah sosial adalah masalah yang harus kita pikirkan. Bagaimana integrasi moda transportasi disana. Itu yang harus kita pikirkan,” katanya. (pit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *