Menkes Coret Oseltamivir dari Obat Covid, Ini Gantinya

  • Whatsapp
Cegah Mutasi Virus Baru, Pemerintah Tangguhkan Visa Kunjungan dan Visa Tinggal Terbatas bagi Turis Asing dari India
Menkes Budi Gunadi Sadikin

INDOPOLITIKA.COM – Obat terapi Covid-19 yakni Oseltamivir bakal ditinggalkan pemerintah. Menteri Kesehatan lebih memilih Fapivirapir (avigan) sebagai penggantinya.

“Favipiravir akan mengganti Oseltamivir sebagai obat antivirus,” ungkap Menkes Budi dalam konferensi pers secara virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/7/2021)

Berita Lainnya

Favipiravir menurut Budi Gunadi masuk kategori antivirus yang oleh dokter-dokter sudah dikaji dampaknya terhadap mutasi virus Delta. “Mereka menganjurkan agar antivirus-nya Favipiravir,” tutur Menkes.

Beberapa produsen dalam negeri, menurut Budi Gunadi, akan meningkatkan produksi Favipiravir. Termasuk oleh Kimia Farma, produksi Favipirafir bisa digenjot 2 juta tablet perhari.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, sebanyak 12 juta stok Oseltamivir ada di dalam negeri sampai bulan Agustus. Namun, distribusi akan dilakukan secara bertahap.

“Oseltamivir kita ada stok sampai bulan Agustus sekitar 12 juta ya tapi karena ini nanti akan pelan-pelan secara bertahap diganti oleh Favipiravir kita akan pertahankan stok,” pungkasnya.

Oseltamivir merupakan obat antivirus untuk influenza yang dikenal juga dengan nama dagang Fluvir dan Tamiflu. Sedangkan Favipiravir sebelumnya dikenal juga dengan nama dagang Avigan, juga untuk influenza meski pernah juga dipakai untuk Ebola. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *