Menkes: Lonjakan Covid di Jakarta, Kudus dan Bangkalan Karena Varian ‘Delta’ dari India

  • Whatsapp
Pemerintah Upayakan Tambahan Kapasitas Tempat Tidur Untuk Pasien COVID-19
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai Ratas, Senin (11/01/2021) siang.

INDOPOLITIKA.COM – Varian baru Covid-19 dari India yakni ‘Delta’ telah mendominasi penyebaran di DKI Jakarta, Kudus (Jawa Tengah), dan Bangkalan (Jawa Timur). Ketiga wilayah tersebut menjadi zona merah penularan virus corona.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan varian baru COVID-19 dari India ini lebih cepat penularannya, namun tidak lebih mematikan.

Berita Lainnya

“Sudah terkonfirmasi varian Deltanya atau B1617.2 atau juga varian dari India mendominasi,” ucapnya Budi usai mengikuti rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/6/2021).

Karena lebih menular, Budi ingin penerapan PPKM Skala Mikro dan disiplin protokol kesehatan didisiplinkan. Selain itu, vaksinasi dan testing harus pula dipercepat.

“Karena ini penularannya lebih cepat walaupun tidak lebih mematikan ini perlu benar-benar kedua hal tadi dipercepat atau diperhatikan, implementasi di lapangan dan juga akselerasi vaksinasi,” tuturnya.

Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto menambahkan agar mempercepat pelacakan varian virus COVID-19 dari India atau varian Delta ini.

Presiden Joko Widodo juga memerintahkan agar proses laboratorium untuk memeriksa genom sequencing dipercepat dari waktu dua minggu menjadi satu minggu. [rif]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *