Internasional

Menkeu Nigeria Mundur atas Sertifikat Palsu

Kemi Adeosun saat mengucapkan sumpah jabatan sebagai Menkeu Nigeria pada 2015. (Foto: AFP)

Abuja: Menteri Keuangan Nigeria Kemi Adeosun mengundurkan diri atas tuduhan dirinya menggunakan sertifikat palsu untuk menghindari kewajiban berbakti dalam sebuah organisasi pemuda di masa lalu.

Adeosun tinggal di Inggris hingga usia 34 tahun. Ia mengaku mendapat informasi bahwa dirinya tidak perlu masuk ke Korps Pemuda Nasional Nigeria karena sudah berusia lebih dari 30 tahun.

Mantan bankir itu mengaku mendapat sertifikat dari korps tersebut, dan meyakininya sebagai barang asli.

Namun sebuah investigasi internal menyatakan sertifikat itu palsu.

Pengunduran diri Adeosun terjadi usai muncul spekulasi di media sosial Nigeria dalam beberapa bulan terakhir, yang meragukan keaslian sertifikat tersebut.

Awalnya Adeosun tidak berkomentar apapun. Hal tersebut memicu kritik dari kubu oposisi.

Dalam sebuah pernyataam resmi, Adesoun merasa perlu mengundurkan diri karena hasil investigasi mengenai sertifikat sudah diketahui publik.

"Kasus ini mengejutkan saya. Sesuai dengan fokus integritas dari pemerintahan ini, saya merasa perlu mengundurkan diri," tutur Adeosun, seperti disitat dari kantor berita BBC, Sabtu 15 September 2018.

Memiliki kewarganegaraan ganda Inggris dan Nigeria, Adeosun ditunjuk Presiden Muhammadu Buhari sebagai Menkeu Nigeria pada 2015. Kebijakan utamanya adalah meningkatkan penerimaan pajak dan pembenahan koordinasi antar institusi pemerintah.

Kantor kepresidenan Nigeria mengatakan Adeosun akan digantikan dengan Menteri Perencanaan Anggaran dan Nasional Zainab Ahmed.

Dalam aturan di Nigeria, seorang lulusan universitas harus mengabdi di Korps Pemuda Nasional selama satu tahun. Tujuan dari skema ini adalah memastikan semua lulusan universitas berkontribusi terhadap upaya pengembangan Nigeria.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close