Menko Luhut: Jangan Alergi Dengan Investasi Asing, Kalau Logis Kenapa Tidak

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan meminta, para pengusaha pelayaran yang tergabung dalam Indonesian National Shipowner Association (INSA) tidak alergi terhadap investasi asing.

“Saya minta kepada INSA agar nanti bisa memberikan feedback terkait aturan, kalau memang masuk akal kenapa tidak, soal investasi juga jangan memikirkan diri sendiri sebab kita juga bagian dari masyarakat internasional, yang jelas national interest di atas segalanya,” ujar Luhut di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Menko Luhut, juga menjelaskan terkait keselamatan dan keamanan di laut. Ia mengatakan, hingg kini memang belum ada badan tunggal penjaga laut dan pantai. Namun, Luhut mengaskan, dalam waktu segera pemerintah akan menjadikan Badan Keamanan Laut (Bakamla) sebagai coast guard.

“Nanti Bakamla itu akan menjadi coast guard sepenuhnya, dan nantinya Bakamla itu akan menjadi partner buat INSA juga di laut,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang hadir mendampingi Menko Luhut menambahkan, terkait regulasi ia meminta agar INSA bisa duduk bersama dengan pemerintah untuk menyelesaikan segala permasalahan. Dan untuk program tol laut, ia juga menyatakan pemerintah tetap konsisten.

Adapun, saat ini armada pelayaran nasional telah berjumlah lebih dari 25 ribu unit kapal, atau naik 323 persen dari yang awalnya hanya sekitar 6 ribu kapal. Dengan kekuatan itu, armada pelayaran nasional telah menahbiskan dirinya sebagai pemain utama di angkutan laut dalam negeri.[sgh]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *