Menko PMK dan Menag Kompak Sampaikan, Dana Haji Aman

  • Whatsapp
Jamaah Haji Indonesia (ist)

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy dan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas kompak menegaskan bahwa dana haji aman meski tahun ini para jamaah kembali batal berangkat.

Muhadjir pun mengatakan pembatalan keberangkatan haji 2021 bukan disebabkan masalah diplomasi. Ditegaskannya, penundaan pemberangkatan itu terpaksa dilakukan demi keamanan para jemaah karena hingga kini pandemi COVID-19 masih belum berlalu.

Berita Lainnya

“Tidak ada masalah diplomasi, tidak ada masalah isu-isu kuota haji, vaksin, termasuk dana haji. Itu sudah clear, dan saya sudah ke BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji) untuk memastikan bahwa semua aman,” tegas Muhadjir saat mengunjungi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) di Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (9/6/2021).

“Pertimbangan itu hanya satu yaitu demi kemaslahatan dan keamanan jamaah kita. Lalu persiapan juga, waktunya terlalu mepet kalau jamaah haji tahun ini bisa dilaksanakan,” sambung Ketua PP Muhammadiyah itu.

Sementara itu, Menag Yaqut Cholil Qoumas menambahkan satu-satunya pertimbangan pemerintah membatalkan keberangkatan haji adalah untuk menjaga keamanan, kesehatan dan keselamatan jamaah. Dengan kembali tidak adanya pemberangkatan haji tahun ini, maka secara otomatis antrian seluruh jamaah calon haji menjadi bergeser mundur. Baca juga: Haji 2021 Batal, Abdul Muti: Pemerintah Tak Melanggar Syariat dan UU Haji

“Tidak ada yang lain, kita lebih menyayangi jamaah haji, keselamatan dan nyawa jamaah haji,” tambahnya.(net)

Berita Terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *