Internasional

Menlu AS Sampaikan Perlunya Peace Plan Palestina

Menlu Retno Marsudi berjabat tangan dengan Menlu AS Mike Pompeo di Kemenlu RI, Jakarta, Sabtu 4 Agustus 2018. (Foto: Sonya Michaella)

Jakarta: Isu Palestina kembali diangkat Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menerima kunjungan dari Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo.

Sebelumnya di pertemuan Menlu ASEAN yang juga dihadiri Pompeo, Menlu Retno telah mengutarakan pentingnya kemerdekaan Palestina.

"Pompeo menyampaikan tadi bahwa perlu dibentuk rencana perdamaian (Peace Plan) soal Palestina. Saat saya menekankan kembali soal Two-State Solution, dia menerima dengan baik," kata Menlu Retno dalam konferensi pers di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Sabtu 4 Agustus 2018.

Menlu Retno mengakui bahwa ketika di Singapura dan juga saat menerima kunjungan Pompeo, Two-State Solution selalu ditegaskan olehnya.

"Two-State Solution adalah jawaban atau solusi tepat bagi konflik Palestina dan Israel. Saya juga katakan, masalah Palestina tak hanya jadi perhatian pemerintah, tetapi juga masyarakat Indonesia," ujar dia lagi.

Lebih lanjut dia menambahkan, situasi di Palestina sendiri jelas menjadi pertimbangan. Situasi yang mungkin saja memanas tidak boleh melemahkan perjuangan rakyat Palestina.

"Yang kita inginkan situasi di lapangan tidak menjadi buruk dari yang lalu-lalu dan fokus tetap pada kemerdekaan Palestina," ungkapnya.

Usai mengunjungi Singapura, Pompeo melakukan kunjungan ke Indonesia. Di Jakarta, ia diterima Menlu Retno dan esok hari rencananya Pompeo akan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close