Internasional

Menlu AS Temui Kim Jong-un Akhir Pekan Ini

Menlu AS Mike Pompeo ketika bertemu Kim Jong-un pada Mei 2018. (Foto: KCNA/EPA)

Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo akan mengunjungi Korea Utara (Korut) akhir pekan ini guna membicarakan denuklirisasi. Ia akan bertemu dengan pemimpin Korut Kim Jong-un.

Selain itu, Pompeo juga akan mengunjungi Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok pada 6-8 Oktober 2018. Selanjutnya, ia akan bertolak ke Pyongyang.

"Saya pikir ini momentum bagus untuk kemajuan denuklirisasi dan Sekretaris Pompeo keempat kalinya akan mengunjungi Korut dalam waktu kurang dari satu tahun," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Heather Nauert, dikutip dari AFP, Rabu 3 Oktober 2018.

Baca: Trump Mengaku 'Jatuh Cinta' dengan Kim Jong-un

Kunjungan Pompeo kali ini diprediksi juga akan membicarakan terkait pertemuan puncak kedua antara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump.

"Sekretaris Pompeo mengunjungi Jepang, Korsel dan Tiongkok dimaksudkan untuk memberikan penjelasan singkat tentang Korut," ucap dia.

Di Jepang, nantinya Pompeo akan diterima oleh Perdana Menteri Shinzo Abe dan Menlu Taro Kono. Di Korsel, Presiden Moon Jae-in dan Menlu Kang Kyung-wha akan menyambutnya. Sementara di Tiongkok, ia akan bertemu dengan para pejabat tinggi pemerintahan.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close