Internasional

Menlu Inggris Kunjungi Rakhine Utara

Menlu Inggris Jeremy Hunt di Pagoda Shwedagon. (Foto: Sky News)

Naypyidaw: Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt tiba di Myanmar, untuk mengunjungi pusat krisis Rohingya dan rencananya ia juga akan bertemu dengan pemimpin de facto Aung San Suu Kyi. 

Kunjungan tersebut dilakukan sehari setelah tim pencari fakta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merilis laporan bahwa kejahatan yang dilakukan militer Myanmar terhadap Rohingya sangat brutal.

"Saya akan melihat langsung masalah seputar krisis kemanusiaan yang dihadapi Rohingya," kata Hunt, dikutip dari AFP, Kamis 20 September 2018.

Perjalanannya dimulai kemarin, di sebuah museum kecil di Yangon untuk memberikan penghormatan kepada tahanan politik. Setelah itu, Hunt mengunjungi Pagoda Shwedagon.

Hari ini, ia akan ke Rakhine Utara di mana kekerasan pecah pada Agustus 2017 dan membuat lebih dari 700 Rohingya melarikan diri ke Bangladesh.

Setelah itu, Hunt akan terbang ke Naypyidaw untuk bertemu dengan Aung San Suu Kyi. Dalam pertemuannya dengan Suu Kyi, Hunt berjanji akan membahas krisis Rohingya dan kasus pemenjaraan dua wartawan Reuters, Wa Lone dan Kyaw Soe Oo.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close