Internasional

Menlu Palestina Kunjungi Indonesia Oktober Mendatang

Direktur Timur Tengah Kemenlu RI Sunarko (kiri) di Kedutaan Besar Palestina, Jakarta, Senin 24 September 2018. (Foto: Sonya Michaella)

Jakarta: Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al Maliki berencana mengunjungi Indonesia pada Oktober mendatang. Sejumlah persiapan sedang dilakukan Kementerian Luar Negeri RI untuk menyambut kedatangan Al Maliki.

"Kita sedang menyiapkan kedatangannya. Momen ini penting buat kita. Bisa menguatkan hubungan kita dengan Palestina dan dukungan kita untuk kemerdekaan Palestina," kata Direktur Timur Tengah Kemenlu RI Sunarko ketika ditemui di Kedutaan Besar Palestina, Jakarta, Senin 24 September 2018.

Sunarko kembali menekankan posisi Indonesia dalam memperjuangkan Palestina di depan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun. Indonesia akan terus mendukung Palestina hingga mencapai kemerdekaan.

"Kita juga mendukung keanggotaan penuh Palestina di organisasi-organisasi internasional. Posisi kita sangat jelas sekali di tingkat politik dan hubungan bilateral kita," ucap Sunarko.


Indonesia akan terus mendukung Palestina. (Foto: Sonya Michaella)

Di bidang perdagangan, Indonesia telah menetapkan tarif nol untuk Palestina, agar barang-barang dari sana mudah masuk ke Indonesia. Barang-barang tersebut seperti minyak zaitun dan kurma.

"Di sisi lain, kerja sama dan dukungan Indonesia juga diwujudkan dalam program capacity building. Sampai tahun ini, kurang lebih ada 108 program capacity buiding yang kita kembangkan untuk Palestina," ungkap Sunarko lagi.

Dia kembali menegaskan bahwa Indonesia akan terus mendukung kemerdekaan Palestina di kancah global. Apalagi saat ini, Indonesia menduduki posisi strategis sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close