Internasional

Menlu Papua Nugini Ucapkan Selamat HUT ke-73 RI

Menteri Luar Negeri Papua Nugini Rimbink Pato (kanan). (Foto: Dok. KBRI Port Moresby).

Port Moresby: Menteri Luar Negeri Papua Nugini Rimbink Pato menyampaikan ucapan selamat atas Hari Kemerdekaan ke-73 RI. Dia mendoakan Indonesia dipenuhi kebahagiaan dan rakyatnya sejahtera.

"Di Hari Kemerdekaan ke-73, saya mewakili pemerintah dan rakyat Republik Papua Nugini mengharapkan masyarakat Indonesia sukses selalu, bahagia dan sejahtera," ucap Pato, kepada Menlu RI Retno Marsudi lewat video, dikutip dari keterangan KBRI Port Moresby, Jumat 17 Agustus 2018.

Pato menegaskan hubungan dan kerja sama dengan Indonesia selama beberapa tahun terakhir terus membaik dan meningkat. Dia mengatakan baru-baru ini menghadiri forum Bali Process untuk menunjukkan eratnya hubungan dua negara.

"Kedua negara dapat duduk bersama-sama dalam upaya meningkatkan kerja sama ke depannya," tukas Pato.

Pada Juli lalu, Pato juga melakukan kunjungan kerja ke Indonesia. Dia bertemu Menlu Retno dan membahas beberapa isu, termasuk perbatasan, ekonomi dan investasi.

Hubungan kedua negara semakin membaik terlihat dari nilai perdagangan yang melonjak pada 2017, yaitu mencapai USD208 juta. Nilai ini sangat melonjak naik dari 2016 yang terhitung hanya USD179 juta.

Tercatat, ekspor Indonesia ke Papua Nugini saat ini adalah makanan, minuman, tepung terigu, dan peralatan rumah tangga.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close