Internasional

Menlu Retno Minta Bantuan Korsel Cari 3 ABK WNI Hilang

Menlu Retno Marsudi dalam pertemuan dengan Menlu Korsel Kang Kyung-Hwa (Foto: Dok.Kemenlu RI).

Seoul: Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno LP Marsudi dalam kunjungan kerja ke Korea Selatan (Korsel) sempat membahas mengenai warga negara Indonesia (WNI).
 
Baca juga: Kapal Nelayan Korsel Tenggelam, 3 WNI Hilang.
 
Insiden terjadinya tabrakan dua kapal ikan Korsel di luar perairan Jepang, menyebabkan tiga anak buah kapal (ABK) WNI hilang.
 
Mantan Duta Besar RI untuk Belanda itu secara khusus meminta agar Pemerintah Korea Selatan memberikan perhatian tinggi dalam melakukan proses pencarian. Permintaan ini disampaikan kepada Menlu Korsel Kang Kyung-Hwa.
 
"Pemerintah Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk memberikan perlindungan bagi warga negara Indonesia di luar negeri. Oleh karena itu saya mohon bantuan Pemerintah Korea Selatan agar pencarian terus dilakukan terhadap ketiga ABK Indonesia tersebut," tegas Menlu Retno, seperti dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, yang diterima Medcom.id, Kamis 26 Juli 2018.
 
Menurut keterangan Kepolisian Maritim Busan, Korsel, tabrakan itu terjadi pada Kamis 26 Juli, pukul 6.17 pagi waktu setempat. Laporan tersebut pun diakui oleh Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu RI, Lalu Muhammad Iqbal.
 
Iqbal menyebutkan bahwa dua kapal bertabrakan di laut dekat Tokyo, Jepang. Dua kapal yang terlibat tabrakan itu adalah kapal Longline 803 Tongyeongho dan 101 Keumyangho (sebelumnya disebut Geumyangho 101) yang keduanya berbendera  Korea Selatan.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close