Internasional

Menlu RI dan Korsel akan Diskusikan Kemitraan di Seoul

Menlu Retno Marsudi menghadiri talk show dengan Sahabat Museum KAA di Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 14 Juli 2018. (Foto: Antara/M Agung Rajasa)

Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan berangkat menuju Seoul, Korea Selatan, Rabu 25 Juli 2018 malam, untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Kang Kyung-wha.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, pertemuan bilateral akan membahas berbagai isu dalam menindaklanjuti kerja sama Kemitraan Strategis Khusus.

Selain kerja sama bilateral, kedua Menlu juga akan membahas berbagai perkembangan di kawasan.
 
Sebagai utusan khusus Presiden RI, Menlu Retno juga akan melakukan pertemuan dengan Presiden Korsel Moon Jae-in. Menlu Retno akan secara langsung menyampaikan undangan Presiden Joko Widodo untuk acara pembukaan Asian Games di Jakarta pada 18 Agustus mendatang.

November tahun lalu, Presiden Jokowi menjamu Presiden Moon di Istana Bogor, Jawa Barat. Pertemuan menghasilkan penandatanganan tiga nota kesepahaman atau MoU.
 
MoU diteken masing-masing menteri terkait. Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek dan Menteri Luar Negeri Korsel Kang Kyung-Wha tentang kesehatan. Kemudian, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Industri dan Energi Korsel Paik Un-gyu tentang industri.

Terakhir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korsel Kim Hyun Mee soal transportasi.
 
Presiden Jokowi dan Presiden Moon menyaksikan langsung penandatanganan. Dalam pernyataan pers bersama, Preside Jokowi mengaku terhormat dengan kunjungan kenegaraan Korsel yang membawa sejumlah ikatan kerja sama.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close