Internasional

Menlu Tegaskan OKI Harus Jadi Pendukung Utama Palestina

Menlu Retno Marsudi (Foto: MI)

New York: Isu Palestina kembali disinggung Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di sela-sela Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. 

Kali ini, isu tersebut disampaikannya dalam pertemuan tahunan para Menlu negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Menlu Retno menegaskan bahwa Palestina membutuhkan dukungan dari OKI.

"OKI harus menjadi pendukung utama isu Palestina ini, baik secara politik maupun finansial," ucap Menlu Retno di New York, Amerika Serikat, Jumat 28 September 2018.

Poin kedua yang disampaikan Menlu Retno adalah manajemen konflik. Ia menilai pencegahan jauh lebih baik ketimbang penanganan konflik.

Menlu Retno mendorong OKI untuk mengubah paradigma, untuk lebih fokus terhadap pencegahan ketimbang penanganan. "OKI itu potensinya besar, tapi kita banyak menghabiskan energi dan waktu untuk berbicara mengenai konflik," sebut Menlu Retno.

Baca: Palestina Jadi Agenda Utama Menlu Retno di New York

Terakhir, Menlu Retno menekankan kembali mengenai persatuan di OKI. Ia ingin OKI semakin kompak sehingga, "dengan kekuatan itu, kita bisa berbuat lebih banyak untuk masyarakat."

Selain dengan OKI, Menlu Retno juga melakukan pertemuan dengan Solomon Island dan Slovakia. Solomon Island mengaku ingin membangun kerja sama yang baik dengan Indonesia.

Sementara dengan Slovakia, Menlu Retno dan Menlu Slovakia membicarakan beragam isu seperti radikalisme. Keduanya juga membicarakan mengenai Visegrad, organisasi empat negara di Eropa.

Slovakia disebut menyambut baik usulan Indonesia untuk menggelar forum tersendiri dengan Visegrad.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close