Menlu Tegaskan Pemulangan Jamaah Umroh Lewat Turki Aman dan Secepatnya

  • Whatsapp
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memberikan keterangan pers terkait evakuasi WNI di Wuhan di Kemenlu

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi terus memantau proses pemulangan jamaah umrah yang masuk lewat Turki. Menlu memastikan mereka akan dipulangkan ke Indonesia secepatnya dengan aman.

Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, Menlu terus memantau penanganan jamaah umroh di Timur Tengah, termasuk Turki. Merespon kebijakan Pemerintah Saudi Arabia. “Sesuai arahan Bu Menteri kami langsung berkoordinasi dengan pihak Turki Airlines,” ungkap Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Jumat malam (28/2/2020).

Bacaan Lainnya

Bertepatan dengan pengumuman penghentian jamaah umroh, sebanyak 74 WNI jamaah umrah telah dipulangkan dari Istambul, atau pada Kamis 27 februari. Kemudian sebanyak 90 WNI kembali dipulangkan pada Jumat (28/2) dan 120 orang lainnya akan dipulangkan pada Sabtu (29/2).

Para jamaah itu dipulangkan menggunakan maskapai Turkish Airlines menuju Jakarta, Denpasar dan Singapura.

Iqbal mengatakan, para jamaah umroh yang dipulangkan tidak diminta biaya tambahan apapun. Dan jika mereka sudah bisa berangkat kembali untuk umrah juga tidak dipungut biaya tambahan.

Berdasarkan data perwakilan RI di Turki ada 310 WNI jamaah umroh dan 910 WNI di Arab Saudi yang terbang menggunakam Turkish Airlines. Hingga Sabtu 287 orang sudah berhasil dipulangkan. Sedangkan 933 jamaah lainnya akan dipulangkan bertahap di hari berikutnya.

Seperti diberitakan, pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara waktu para wisatawan yang akan beribadah umrah. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di negara tersebut. (rma)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *