Internasional

Menlu Ucapkan Duka Cita atas Wafatnya Presiden Vietnam

Presiden Vietnam Tran Dai Quang (kanan belakang) menyaksikan kesepakatan Menlu Retno Marsudi dengan Menteri Agrikultur Nguyen Xuan Cong. (Foto: AFP).

Jakarta: Presiden Vietnam Tran Dai Quang wafat pada Jumat 21 September 2018. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan arti Presiden Quang untuk hubungan kedua negara.
 
Baca juga: Presiden Vietnam Tran Dai Quang Wafat.

 
"Duka cita saya yang terdalam atas wafatnya Presiden Vietnam, Tran Dai Quang. Presiden Quang memiliki kontribusi besar dalam membangun kemitraan strategis antara Indonesia dan Vietnam," tulis Menlu Retno dalam akun Twitternya, yang dikutip Medcom.id, Jumat  21 September 2018.
 
"Semoga Presiden Quang beristirahat dalam damai," imbuh Menlu.
 
Kantor berita Vietnam mengatakan, Presiden Quang wafat di Rumah Sakit Militer 108 di Hanoi pada Jumat 21 September 2018. Diketahui Quang wafat karena sakit keras, meskipun tidak dijelaskan secara detail apa penyakitnya.
 
Presiden Quang sempat menjamu Presiden Joko Widodo pada saat lawatannya 11 September 2018 lalu di Hanoi. Kedua pemimpin saat itu membicarakan isu perbatasan kedua negara.
 
Baca juga: RI Targetkan Angka Perdagangan dengan Vietnam Rp148 Miliar pada 2020.
 
Media di Vietnam menunjukkan masa berkabung dengan pembaca berita menggunakan pakaian gelap.
 
"Presiden Quang berobat ke Jepang selama satu tahun terakhir. Pada Kamis dia dibawa ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, usai adanya laporan terkontraksi 'virus langka'," ujar pejabat kesehatan petinggi Vietnam, Nguyen Quoc Trieu, kepada AFP.
 
Vietnam tetap stabil
 
Selama lebih dari empat dekade Presiden Quang memimpin Kementerian Keamanan Publik (MPS). Kementerian ini dikenal sangat berkuasa dan Quang memiliki reputasi sangat keras.
 
Meski Presiden Quang memegang salah satu dari empat posisi tertinggi di Vietnam, peran lebih banyak seremonial. Dia kerap menyambut pemimpin negara yang datang dan menjadi tuan rumah acara diplomatik untuk meningkatkan citra Vietnam di dunia internasional.
 
Penampilan Presiden Quang terakhir kali pada Rabu 19 September lalu. Saat itu, Quang hadir dalam pertemuan Politbiro Partai Komunis Vietnam.
 
Pada 2017 lalu, Quang sempat tidak muncul di publik lebih dari satu bulan. hal tersebut sempat menimbulkan spekulasi mengenai kondisi kesehatannya.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close