Menparekraf Sandiaga Nilai Desa Wisata ‘Uma Lengge’ Wawo Maria Bima Bisa Menjadi Simbol Indonesia Bangkit

  • Whatsapp
Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri (kanan) saat mengunjungi Uma Lengge di Desa Wawo Maria, Kabupaten Bima, Minggu (13/6/2021).

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, destinasi wisata ‘Uma Lengge’ yang berlokasi di Desa Waro Maria, Kabupaten Bima, NTB menjadi salah satu simbol pariwisata Indonesia bangkit kedepannya.

Hal itu disampaikan Sandi saat mengunjungi Uma Lengge di Wawo Maria, Minggu (13/6/2021). Pada kesempatan ini, Sandi terlihat didampingi youtuber Atta Halilintar-Aurel Hermansyah, Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri.

Berita Lainnya

Di desa Wawo Maria, Sandi cukup terkesima dengan keberadaan Uma Lengge, yang menjadi salah satu ciri khas destinasi wisata di Wawo Maria, Kabupaten Bima, NTB. Uma Lengge ini sendiri tidak hanya menjadi daya tarik wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara.

Maka tak heran jika Sandi menilai, Uma Lengge di Desa Maria ini bisa menjadi symbol ‘Indonesia Bangkit’. “Saya memberi apresiasi Desa Wisata Maria menjadi Indonesia Bangkit,” kata Sandi sambil berteriak, yeahh.

Mantan Cawapres itu berharap, Desa Wisata Maria bisa membawa multieffect bagi Kabupaten Bima. Bisa menggerakan roda ekonomi dan mensejahterakan warga Kabupaten Bima sekitarnya. Kemenparekraf akan melakukan pendampingan agar Desa Wisata Maria menjadi dewa wisata favorit yang bisa selalu dikunjungi nantinya.

Pendampingan itu menurut Sandiaga Uno meliputi seluruh aspek yang diperlukan oleh desa wisata dengan penyusunan rencana pembangunan desa wisata dilanjutkan dengan pembangunan sumber daya manusia, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga desa wisata, kemudian pendampingan institusi desa wisata, serta pembangunan fisik atau infrastruktur dengan melibatkan kementerian dan lembaga-lembaga terkait.

“Daya tarik wisata budaya Uma Lengge sangat langka. Bernilai sejarah tinggi karena ini adalah situs warisan budaya dari para leluhur suku Mbojo yang memiliki nilai sejarah dan keunikan tinggi dalam industri pariwisata. Kami akan terus memberikan pendampingan di Desa Wisata Maria agar objek wisata ini tumbuh dan menjadi destinasi wisata baru di Indonesia. Saya juga berharap Desa Wisata Maria dengan Uma Lengge ini naik kunjungannya, sehingga akan membuka lapangan usaha bagi warga desa di sini,” kata Sandiaga Uno.

Lewat kunjungannya ini, Menparekraf juga turut mempromosikan ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Menparekraf ingin lebih banyak desa-desa di Indonesia berpartisipasi di ajang ini agar 57 ribu desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program ADWI 2021. Begitu juga dengan desa wisata Uma Lengge.

“Desa-desa di Indonesia dapat ikut serta dan berkompetisi untuk menjadikan desa mereka sebagai pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat. Kegiatan ini juga bisa membangun motivasi bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui desa wisata,” kata Sandiaga.

Pada kesempatan ini, Sandiaga juga membeberkan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 akan mengusung tujuh kategori penilaian bagi desa wisata pendaftar. Diantaranya CHSE, Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay dan Toilet.

Kategori-kategori tersebut diharapkan mampu mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan dan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas yang dapat diikuti oleh semua desa di Indonesia.

Menurut Sandiaga Uni, Anugerah Desa Wisata Indonesia merupakan salah satu upaya membangkitkan ekonomi Indonesia. Pemerintah melalui Kemenparekraf sendiri berkehendak memberikan program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu hanya bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan. “Program desa wisata ini simbol munculnya kebangkitan ekonomi nasional,” tuntasnya. [ind]

Berita terkait


INDOPOLITIKA TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *