Menteri Bambang Sebut Radioaktif di Perumahan Batan Indah Murni Kriminal

  • Whatsapp
Menteri Bambang Brodjonegoro

INDOPOLITIKA.COM – Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, paparan radiasi di area tanah kosong di samping lapangan voli blok J di Perumahan Batan Indah bukan diakibatkan kebocoran melainkan murni kriminal.

Menurut Bambang, temuan radioaktif di Tangsel ini sebagai tindakan kriminal karena terjadi kelalaian oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Bacaan Lainnya

“Saya tegaskan bahwa sama sekali tidak ada kebocoran. Ini kami lebih melihat tindakan kriminal atau kelalaian yang serius,” kata Bambang di Gedung BPPT, Jakarta Pusat, Selasa (18/2/2020).

Bambang menuturkan, jarak temuan radioaktif di perumahan Batan Indah sangat jauh dengan reaktor nuklir Serpong. Ia berharap masyarakat tidak perlu khawatir.

“Pertama, kontaminasi radioaktif bukan terjadi dari fasilitas nuklir. Yang jelas penanganan sudah berjalan sangat baik, tidak merembes ke wilayah lain karena cukup jauh dari kompleks. Prosedur pekerja sudah berjalan dengan baik, sehingga tidak terjadi kebocoran. Jadi itu secara umum penegasan,” jelasnya.

Bambang menyerahkan sepenuhnya penyelidikan kepada Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), termasuk pihak kepolisian.

“BAPETEN sudah bekerja sama dengan kepolisian untuk mencari sumber. Memang tidak lazim di wilayah relatif pembangkit atau rektor nuklir, dan bukan tempat resmi limbah nuklir karena yang resmi ada di kompleks reaktor nuklir,” tandasnya.

Sebelumnya, temuan radioaktif di salah satu lahan kosong di Perumahan Batan Indah, itu berjenis Cesium 137. Radioaktif ini diduga merupakan limbah yang dibuang di sana.

Radiasi cukup tinggi ini diketahui setelah adanya uji fungsi rutin pemantauan radioaktif lingkungan di area Jabodetabek. Pada 7 dan 8 Februari, petugas menemukan serpihan limbah mengandung radioaktif di tanah sedalam kurang lebih 1 meter.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *